PBNU Siap Wujudkan Gagasan ‘Arus Baru Ekonomi Indonesia’ Kiai Ma’ruf

22
PBNU Siap Wujudkan Gagasan 'Arus Baru Ekonomi Indonesia' Kiai Ma'ruf

Jakarta, NU Online

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)  mengaku siap mewujudkan ‘arus baru ekonomi Indonesia’ yang digagas Rais  ‘Aam PBNU KH Ma’ruf Amin dengan cara memperbanyak koperasi. Koperasi dinilai akan menjadi gerakan ekonomi keumatan.

“Kami akan melaksanakan visi arus baru ekonomi Indonesia Kiai Ma’ruf,” kata Ketua PBNU Bidang Ekonomi H Eman Suryaman kepada NU Online di Gedung PBNU, Jakarta Pusat, Rabu (29/8).

Iklan Layanan Masyarakat

Menurutnya, jika koperasi tumbuh di daerah-daerah, maka secara otomatis, kegiatan wirausaha juga bertumbuh yang pada puncaknya terjadi pemerataan ekonomi. Koperasi juga dalam sejarahnya, mampu bertahan dari krisis moneter yang pernah menimpa Indonesia pada 1998.

“Iya, nanti terjadi pemerataan ekonomi. Itulah tujuannya. Tidak seperti sekarang yang keuangannya masih fokus ke pusat,” ucap pria kelahiran Cirebon, Jawa Barat itu.

Ia mencontohkan tentang keberhasilan Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT UGT Sidogiri, Jawa Timur yang hingga 2017 asetnya mencapai triliunan. Contoh tersebut, menurut Eman, bisa menjadi motivasi  untuk menggalakkan koperasi di berbagai daerah.

Oleh karena itu, PBNU mengimbau kepada masyarakat Indonesia umumnya dan nahdliyin khususnya agar turut menggelorakan semangat membentuk dan mengembangkan koperasi. PBNU sendiri mengaku siap memfasilitasinya, termasuk tentang mengelola koperasi.

Menurutnya, pengelolaan yang baik tentang koperasi dan melek terhadap teknologi menjadi kunci keberhasilannya. Tanpa kedua hal itu, koperasi tidak berumur panjang. “PBNU siap memfasilitasi. Yang penting membangun managemen agar baik. Mari kembali semangat membangun koperasi,” jelasnya. (Husni Sahal/Ahmad Rozali)

Sumber : NU Online

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here