PC IPPNU Kabupaten Bandung Barat Menggelar Kampanye Pelajar Peduli Lingkungan di 60 titik

70
PC IPPNU Kabupaten Bandung Barat Menggelar Kampanye Pelajar Peduli Lingkungan di 60 titik

Ngamprah, Selasa 3 Maret 2020

Mengingat jenis sampah yang paling sering menjadi biang masalah sampai dasawarsa ini adalah sampah plastik, dikarenakan sampah plastik jumlahnya sangat banyak dan sangat sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari kantong plastik, sedotan plastik hingga peralatan rumah tangga dari plastik.

Bahkan Indonesia merupakan salah satu penyumbang sampah plastik terbesar di dunia dan sebagian besar dari sampah-sampah plastik ini telah mencemari laut dan mengancam kehidupan biota laut.

Iklan Layanan Masyarakat

Dalam menyikapi hal tersebut PC IPPNU Kabupaten Bandung Barat menggelar kampanye pelajar peduli lingkungan dengan mengajak banyak elemen masyarakat untuk sama-sama membiasakan diet sampah plastik yang tersebar di 30 titik di Kabupaten Bandung Barat yang dilaksanakan 1 – 3 Maret 2020.

Kampanye lingkungan ini digelar dalam rangka menyambut Hari Lahir (Harlah) IPPNU ke-65 dan juga Konferensi Wilayah (Konferwil) IPPNU Jawa Barat ke-18.

Ketua PC IPPNU Kabupaten Bandung Barat, Rekanita Nida Husnul Faidah mengatakan, Generasi yang peduli lingkungan tidak muncul begitu saja, mereka muncul dari pendidikan yang mereka dapatkan di sekolah, di keluarga dan di masyarakat. Karena itulah sangat penting pendidikan tentang pentingnya menjaga lingkungan itu mulai diberikan dan dibiasakan oleh orangtua, guru dan masyarakat.

” Sangat penting pendidikan tentang pentingnya menjaga lingkungan itu mulai diberikan dan dibiasakan oleh orangtua, guru dan masyarakat”, ujar Nida.

Beliau juga menambahkan, menjaga lingkungan bisa dilakukan dengan hal-hal sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya, memilah sampah organik dan non-organik, memungut sampah-sampah kecil yang berserakan di tanah atau dengan mengurangi penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Dan mengingatkan bahwa menjaga lingkungan hidup bukanlah tanggungjawab pemerintah atau beberapa orang saja, lingkungan hidup kita adalah tanggungjawab kita bersama dalam menjaga dan merawatnya.

” menjaga lingkungan bisa dilakukan dengan hal-hal sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya, memilah sampah organik dan non-organik, memungut sampah-sampah kecil yang berserakan di tanah atau dengan mengurangi penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari “, lanjutnya.

Ia berharap dengan diadakannya kampanye peduli lingkungan ini, bisa membuat banyak pihak untuk menyadari pentingnya menjaga lingkungan. Karena apabila lingkungan sehat, kita pun akan sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here