The news is by your side.

Pelajar NU Kecamatan Sukaresmi Garut Adakan Pelatihan Media

Pelajar NU Kecamatan Sukaresmi Garut Adakan Pelatihan Media | NU Online LTN Nahdlatul Ulama Jawa Barat
Muhammad Salim Kontributor NU (Kanan) dan Ketua Pelaksana Pelatihan Media IPNU-IPPNU Sukaresmi

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan PAC Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Sukaresmi mengadakan Pelatihan Media bertema Menggugahkan dan Mengembangkan Kepekaan Pelajar NU terhadap Dunia Maya yang diselenggarakan di Aula Kantor MWCNU Sukaresmi Kabupaten Garut, Kamis (13/8).

Pada pelatihan itu, kontributor NU Online Jabar dari Garut Muhammad Salim menyampaikan materi Tabayun dalam Media. Ia menjelaskan pentingnya mengklarifikasi sebelum menyebarkan informasi di dunia maya. Karena banyak masyarakat baik yang muda maupun tua sering termakan informasi hoaks. 

“Banyak masyarakat yang diterima oleh masyarakat yang tidak jelas kebenaran informasinya, sehingga masyarakat terkadang sembrono dalam membaca dan menyebarkan informasi yang belum jelas kebenarannya,” katanya. 

Salim mengharapkan kader muda NU yang aktif di IPNU dan IPPNU untuk membuat counter narasi jika menemukan informasi hoaks dengan menulis di media sosial atau tidak menyebarkan informasi itu.

Pelajar NU Kecamatan Sukaresmi Garut Adakan Pelatihan Media | NU Online LTN Nahdlatul Ulama Jawa Barat
peserta Pelatihan melakukan foto bersama setelah pelatihan usai.

Kader IPNU dan IPPNU, lanjutnya, harus membiasakan menuliskan apa yang dipikirkan dan memikirkan apa yang dituliskan, sehingga tulisan tersebut bisa menjadi gagasan bagi dirinya dan ada manfaatnya bagi orang lain. 

Kalau itu tidak mampum, sambungnya, kader IPNU-IPPNU bisa menuliskan tukilan-tukilan dari para ajengan ketika di pengajian, atau menuliskan apa yang dibaca dari kitab dan buku agar khalayak tahu.

Hadir dalam kegiatan pelatihan tersebut Kontributor NU Online Jabar Muhammad Salim, Iksal dan Mulyani selaku Ketua IPNU-IPPNU PAC Sukaresmi, Founder Penoolis.com Muhammad Dadan N, Founder Nalar.id Faiz Shihab, dan puluhan peserta pelatihan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.