Pemuda NU Aksi di Kedubes AS Kecam Trump soal Yerusalem

29

Pemuda NU Aksi di Kedubes AS Kecam Trump soal YerusalemJakarta, CNN Indonesia — Kalangan pelajar dan pemuda Nahdlatul Ulama menggelar aksi damai di depan kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta. Mereka mengusung empat tuntutan dan mengecam pernyataan Presiden AS Donald Trump terkait pengakuan sepihak atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Koordinator aksi Asep Irfan Mujahid mengatakan, jumlah peserta unjuk rasa diperkirakan mencapai sekitar 300 orang. Mereka merupakan pengurus NU dari wilayah Jakarta, datang dengan menggunakan seragam khusus.

Ketua Umum Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) itu mengatakan, massa akan langsung berkumpul di Kedubes AS usai melaksanakan salat Jumat. Mereka tidak melakukan aksi jalan kaki atau long march sebelumnya.

Iklan Layanan Masyarakat

“Kumpul di depan Kedubes AS. Usai salat Jumat di masjid sekitar Kedubes, kami tidak melakukan long march dan akan menyampaikan orasi dari elemen-elemen NU,” ujarnya saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (8/12).

Aksi tersebut digelar sekitar pukul 13.30 WIB. Asep menyebutkan, tuntutan pertama aksi mereka yaitu menolak pernyataan Trump soal status Yerusalem yang diklaim sebagai ibu kota Israel.

Tuntutan kedua, kata Asep, pihaknya mendukung kemerdekaan rakyat dan negara Palestina serta mendesak PBB agar memberikan pengesahan keanggotaan Palestina secara resmi.

Berikutnya, mereka menuntut Presiden RI Joko Widodo agar mempertimbangkan hubungan diplomatik antara Indonesia dengan AS. Selain itu, mereka juga meminta pemerintah menutup dan melarang perusahaan multinasional asal Amerika beroperasi di Indonesia apabila Trump tidak mencabut pernyataannya.

“Kami meminta Presiden Jokowi untuk mempertimbangkan kembali hubungan diplomatik dengan Amerika apabila Presiden Donald Trump tidak mencabut pernyataan dan dukungannya terhadap status Yerusalem sebagai ibu kota Israel,” ucapnya.

Asep mengatakan, bukan hanya hubungan diplomatik yang harus dipertimbangkan, tetapi juga hubungan bisnis antarkedua negara.

Tuntutan keempat, tambahnya, pihaknya meminta Jokowi mengusir Kedubes AS dari Indonesia. Dalam aksi itu, Asep mengatakan, pihaknya berharap Dubes AS Joseph Donovan menemui massa di depan kantornya.

“Harapan kami Dubes AS merespons dan memberikan pernyataan terbuka di depan kami, menerima perwakilan massa dan memberikan sikap menghadapi tuntutan massa,” kata Asep.

Terkait gelaran aksi kali ini, Asep mengklaim telah memberikan surat pemberitahuan kepada pihak Polda Metro Jaya pada pagi tadi. (pmg)

Sumber : CNN Indonesia

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here