The news is by your side.

Pengurus Pergunu Kota Depok Tutup Kegiatan Pesantren Kilat SMP Lazuardi Al-Falah Depok

Pengurus Pergunu Kota Depok Tutup Kegiatan Pesantren Kilat SMP Lazuardi Al-Falah Depok | NU Online LTN Nahdlatul Ulama Jawa Barat

Abdul Hadi Hasan – Menutup kegiatan pesantren kilat selama bulan Ramadan 1443 H, SMP Lazuardi Al-Falah GCS Margonda Depok menggelar pembacaan khatam Al-Qur’an, Tahlil dan Do’a. Jumat (8/4).

Kegiatan khatam Al-Qur’an itu di awali dengan pembagian pembacaan siswa per juz, hari ini di tutup dengan khatam, tahlil dan doa. Ini disampaikan langsung oleh pembina OSIS, Abdul Hakim, B.A., S.Ud yang Pernah Jadi Santri Di Ponpes Baitul Arqom Bandung.

Pagi tadi seremonial penutupan pesantren ramadhan digelar, lantunan surat-surat pendek sebagai akhir dari rentetan surat yang ada dalam Al-Qur’an dibacakan oleh siswa kelas VII, VIII dipandu oleh Rohis. Pelaksanaan khotmil Quran dibuat berkelompok, dengan masing-masing kelompok kebagian membaca surat yang sudah ditentukan oleh OSIS.

Dilanjutkan dengan pembacaan doa syukuran dan tausyiah oleh pembina OSIS yang juga guru Islamic studies.

“Alhamdulillah agenda pesantren ramadan mulai awal hingga akhir pelaksanaan berjalan tertib dan khidmat. Dan yang menambah nilai lebih adalah hatamnya anak-anak selama pelaksanaaan, dan ini adalah merupakan seremonial khotmil Qur’an sebagai wujud syukur,” terangnya.

Dan sebelum memasuki acara penutupan pesantren kilat, yang menghadirkan narasumber dari Jepang secara online, pembacaan doa khotmil Qur’an dipimpin oleh Muhammad Radhi selaku ketua Rohis dan didampingi oleh guru Islamic studies.

“Semoga apa yang telah kita lakukan bersama-sama selama menjalani program ini membawa dampak dan nilai manfaat, barokah, dan tentunya dengan harapan menambah ilmu apa yang telah kita peroleh di sekolah. Dan sebagai penutup doa, semoga kita digolongkan yang Khoirun Nas Anfauhum Linnas,” harap ustadz Hakim yang juga aktif sebagai pengurus Persatuan Guru Nahdlatul Ulama Pergunu Kota Depok

Kepala sekolah SMP Lazuardi Al-Falah Depok, Irma Nurul Fatimah berharap, kegiatan tersebut bisa menjadi Rutinitas Pengembangan Karakter Religius siswa yang akan kita laksanakan setiap tahun di bulan Ramadan.

“Kita harapkan juga kegiatan ini dapat diimplementasikan kedalam kehidupan sehari-hari oleh para siswa,” pungkasnya.

Guru pendamping kelas, Iid Ahmad Dimyati menjelaskan, selama kegiatan berlangsung, beragam kegiatan yang bermanfaat menunjang pengalaman dan pengetahuan bagi siswa.

“Dari mulai kegiatan praktek Ibadah shalat, mengaji, tausyiah, lomba-lomba. Yang menarik pelaksanaan tahun ini adalah di setiap hari kita mengadakan live streaming, Lazuardi Ramadan around the world, Narasumber dari beberapa negara seperti Mesir, Madinah, Taiwan dan Jepang.” Jelasnya.

Tambah Iid, “Narasumber yang kita undang secara live streaming on the road sambil jalan-jalan dengan memperlihatkan suasana di negara masing-masing, dan berbincang mengenai pengalaman puasa di luar negeri, membuat antusias para siswa untuk bertanya secara langsung.”

Narasumber, Ustadz Arif Firmansyah, asal Kota Surabaya, yang saat ini tinggal di Kota Taichung, Taiwan, sebagai Mahasiswa program (PhD) di National Chung Hsing University. Ustadz Ahmad Fauzi Ridwan, Mahasiswa Universitas Al-Azhar Kairo Mesir yang saat ini berada di Madinah. Muhammad Ilham Pratama, yang tinggal di Jepang dan Mahasiswa di Ashikaga University.

Kontributor: Abdul Hadi Hasan

Leave A Reply

Your email address will not be published.