The news is by your side.

Pergunu Kota Depok Bedah Kitab KH Hasyim Asy’ari

Pergunu Kota Depok Bedah Kitab KH Hasyim Asy'ari | NU Online LTN Nahdlatul Ulama Jawa BaratPersatuan Guru Nahdlatul Ulama, Pergunu Kota Depok dikatakan bagai jamur yang baru muncul di musim penghujan, usianya masih dikatakan seumur jagung karena baru saja dibentuk dan pengurusnya dilantik secara resmi pada 9 September 2018 lalu. Di usianya yang masih belia namun telah banyak mencatat lembaran sejarah NU di Kota Depok.

Hal itu nampak dari berbagai kegiatan yang kerap dilakukan oleh para pengurus, mulai Pelantikan pengurus, seminar jurnalistik di Margonda, meramaikan mimbar Masjid dan Majelis Taklim serta mengadakan Peace Goes to Pesantren di Kota Depok.

Ketua Departemen Pendidikan dan Dakwah yang diketuai oleh Ustadz Darul Qutni, S.S.I membuka gebrakan dengan mengadakan kajian perdana, ” Bedah Kitab Adabul Alim Wal Muta’allim karya Hadrotussyaikh KH Hasyim Asy’ari.”

Menurut Ustadz Darul, diantara adab seorang alim / guru adalah dia berakhlak dengan akhlak zuhud terhadap dunia. Yaitu kosong hatinya daripada mencintai dan rakus kepada dunia. Berusaha dengan semampunya untuk mengambil dunia sedikit saja atau tidak melebihi kebutuhan yang syar’i yang tidak membahayakan dirinya atau keluarganya dengan cara yang wajar daripada qonaah.

” Zuhud terhadap dunia harus diraih dengan beramal dan melakukan jihadun nafs, jihad melawan hawa nafsu. Bangkitkan kecintaan hanya kepada Allah SWT akan mengikis rasa cinta kita kepada Dunia.” Ucap Ustadz yang pernah berguru langsung kepada Almarhum KH Abdurrahman Wahid GusDur.

Ustadz Darul melanjutkan bahwa derajat seorang guru yang paling terendah adalah ketika dia telah mengotori hatinya dengan bertaalluq kepada dunia, sebab dia telah mengetahui rendahnya dunia, fitnahnya dan cepatnya menghilangnya dunia dan keletihan mencarinya. Maka seorang guru lebih pantas untuk menghindarinya dan tidak sibuk dengannya. Rasulullah Saw bersabda, ” Mulia lah orang yang qonaah dan hinalah orang yang thoma’ (rakus).”

Kajian penting Kitab Hadrotussyeikh KH Hasyim Asy’ari ini dilaksanakan di Majelis Taklim Al-Ibthon, (Samping Masjid Nurul Hidayah) Tepatnya di Gang Pos No 35 RT 05/19 Kampung Pitara Kelurahan / Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok Jawa Barat. Kedepannya pengajian Dwi Mingguan Pergunu Departemen Pendidikan dan Dakwah ini akan dilakukan dengan berpindah dari satu tempat ke Majelis Para pengurus Pergunu lainnya, agar semua dapat bersinergi dengan jamaah dan para tokoh dalam mencerdaskan warga Nahdliyin Kota Depok.

Leave A Reply

Your email address will not be published.