The news is by your side.

Pesantren Al-Hikamussalafiyyah Akan Menggelar Wisuda, Ini Rangkaian Kegiatannya

Pesantren Al-Hikamussalafiyyah Akan Menggelar Wisuda, Ini Rangkaian Kegiatannya | NU Online LTN Nahdlatul Ulama Jawa Barat

Ayi Abdul Kohar – Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah Sukamantri Tanjungkerta Sumedang Jawa Barat di penghujung tahun 2023 akan menggelar perhelatan akbar yakni Wisuda Khotmil Qur’an Ke-XVII. Rangkaian kegiatan tersebut akan dimulai tanggal 25 Desember dan berakhir pada puncak acara tanggal 31 Desember 2023.

Sekretaris kegiatan wisuda khotmil Qur’an, Ahmad Thobi’in, ketika diwawancarai di ruang sekretariat, Ahad (24/12/2023) menyampaikan bahwa dalam kegiatan wisuda ini akan dilaksanakan delapan rangkaian kegiatan.

Yang pertama, kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) antar Pesantren se-Kabupaten Sumedang. Kegiatan MTQ ini bekerja sama dengan Pimpinan Cabang Jam’iyyatul Qurra wal Huffazh Nahdlatul Ulama (JQH NU) Kabupaten Sumedang dan akan dilaksanakan pada tanggal 25 Desember 2023.

Kegiatan yang kedua yaitu Halaqoh Ulama Al-Qur’an dengan mengusung tema menyiarkan Al-Qur’an untuk kemakmuran dunia. Halaqoh ini akan diikuti oleh Pimpinan Pesantren se-Kabupaten Sumedang dan peserta wisuda golongan bolghoib 30 juz, serta akan dilaksanakan pada tanggal 26 Desember 2023.

Selanjutnya yang ketiga ada kegiatan sima’an Al-Qur’an 30 juz di 32 masjid yang ada di Kecamatan Tanjungkerta. Para pembaca Al-Qur’an yaitu peserta wisuda khotmil Qur’an golongan bilghoib 30 juz, golongan binnadzor 30 juz, dan para alumni Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah yang sudah menamatkan hafalan Al-Qur’an 30 Juz. Simaan Al-Qur’an ini akan dilaksanakan pada tanggal 28 Desember 2023, lanjut Thobi.

Rangkaian kegiatan yang keempat yaitu Manaqib Syeikh Abdul Qodir Al-Jiilani RA. Sebelum kegiatan manaqib dimulai, akan diadakan doa khotmil Qur’an secara bersama-sama. Doa khotmil Qur’an ini merupakan sambungan kegiatan simaan Al-Qur’an yang dilaksanakan di 32 mesjid itu. Kegiatan manaqib dan doa khotmil Qur’an akan dilaksanakan di kamis malam, 28 Desember 2023.

Kegiatan yang kelima yaitu ziarah qubur ke maqbaroh sesepuh pendiri Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah di area tempat pemakaman umum Desa Sukamantri. Ziarah ini akan diikuti oleh seluruh santri, para alumni, dewan asatidz Pesantren Al-Hikamussalafiyyah, dan masyarakat sekitar yang ada di Desa Sukamantri. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Jum’at pagi, 29 Desember 2023.

Selanjutnya rangkaian kegiatan yang keenam yaitu pawai ta’aruf peserta wisuda khotmil Qur’an. Pawai ini mengambil rute Cipadung-Sukamantri, dan akan diikuti oleh seluruh peserta wisuda, lalu seluruh santri Pesantren Al-Hikamussalafiyyah, para santri TPA-DTA yang ada di Kecamatan Tanjungkerta, serta warga sekitar yang ingin memeriahkan kegiatan wisuda ini. Pawai ta’aruf akan dilaksanakan di sabtu pagi, 30 Desember 2023.

Rangkaian kegiatan yang ketujuh yaitu temu alumni Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah. Dalam catatan dari mulai berdirinya pesantren sampai sekarang, sudah ada ribuan alumni yang tersebar di wilayah Indonesia. Nanti akan diundang dalam temu kangen alumni tersebut yang akan dilaksanakan di Sabtu sore, 30 Desember 2023, lanjut Thobi.

Dan rangkaian kegiatan yang terakhir yaitu acara puncak wisuda khotmil Qur’an ke-XVII Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah. Jumlah peserta wisuda khotmil Qur’an tahun ini sebanyak 458 orang. Inysa Allah dalam acara puncak ini Guru Besar UIN Syarif Hidayatulloh, Prof .Dr. H. Said Agil Munawar akan memberikan mauidoh hasanah. Selain itu juara MTQ Nasional, KH. Mustofa Jamaludin akan hadir dan menjadi qori dalam kegiatan ini. Acara puncak akan dilaksanakan di Ahad pagi, 31 Desember 2023.

Kami atas nama panitia dan keluarga besar Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah memohon doa dan dukungan untuk kesuksesan kegiatan wisuda khotmil Qur’an ini, tutup Ahmad Thobi’in. (Ayi Abdul Kohar).

Leave A Reply

Your email address will not be published.