24.3 C
Bandung
Wednesday, May 25, 2022

Sebuah perkumpulan yang tak memiliki media, sama dengan perkumpulan buta tuli - KH Abdul Wahab Chasbullah

Must read

LTN NU Jabar
LTNNU Jawa Barat adalah salah satu lembaga di bawah naungan PWNU Jawa Barat yang membidangi publikasi, informasi dan komunikasi.

Rais Aam PBNU Berharap Muktamar Ke-34 NU Dilaksanakan pada Akhir 2021

Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Miftachul Akhyar meminta Muktamar NU Ke-34 diselenggarakan paling lambat Desember 2021. Hal ini didasarkan pada berbagai pertimbangan AD/ART dan aspirasi dari berbagai Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU).

“Aspirasi dari struktur Nahdlatul Ulama tidak dapat kita nafikan karena sebagaimana diatur dalam AD/ART yang memiliki hak menentukan keputusan pelaksanaan Muktamar NU adalah PWNU,” kata Kiai Miftach saat menyampaikan Khutbah Iftitah pada Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) NU 2021 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Sabtu (25/9).

Atas dasar itulah, lanjut Kiai Miftach, dengan sepenuhnya menghormati hak seluruh PWNU, berdasarkan AD pasal 14 dan ART pasal 57 dan 58, serta pertimbangan kondisional maupun syar’i, ia meminta Muktamar NU Ke-34 dilaksanakan pada 2021 ini, selambat-lambatnya pada Desember 2021.

Kiai Miftach menegaskan bahwa hal tersebut sekaligus menjadi harapan dan doa agar pandemi ini akan berakhir. Namun, jika terdapat perkembangan pandemi Covid-19 yang membahayakan, ia meminta keikhlasan PWNU agar menyerahkan keputusan Muktamar NU Ke-34 kepada PBNU.

“Manakala nanti kondisi belum memungkinkan karena ada perkembangan Covid-19 yang membahayakan keselamatan bersama, maka kami meminta ridha dan keikhlasan dari para Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama untuk menyerahkan keputusan terkait terkait penyelenggaraan Muktamar kepada Pengurus Besar Nahdlatul Ulama,” tegasnya.

Selain untuk memutuskan penyelenggaraan Muktamar NU Ke-34, Munas Alim Ulama dan Konbes NU 2021 ini juga menjadi media bagi PWNU untuk menyampaikan aspirasi Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU).

“Sebagai media bagi seluruh pengurus wilayah Nahdlatul Ulama yang memiliki hak untuk hadir dan mengikuti pelaksanaan Munas dan konbes ini untuk menyampaikan aspirasi yang dalam hal ini tentu mengemban amanah dan kehendak dari seluruh pengurus cabang Nahdlatul Ulama di wilayah masing-masing,” katanya.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Mustasyar PBNU sekaligus Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh jajaran pengurus PBNU dan PWNU.

Pewarta: Syakir NF
Editor: Alhafiz Kurniawan

SourceNU Online

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article