Sambut Ramadhan, PCNU Sumedang Himbau Aksi Bersih-Bersih Masjid

16

Sambut Ramadhan, PCNU Sumedang Himbau Aksi Bersih-Bersih Masjid

Dalam rangka menyambut datangnya Bulan suci Ramadhan 1438 H, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Sumedang menghimbau kepada seluruh warga NU di Sumedang untuk melaksanakan aksi bersih-bersih masjid secara serentak tanggal 19-26 Mei 2017 di lingkungannya masing-masing. Imbauan tersebut disampaikan langsung oleh Ketua PCNU Sumedang H Sa’dulloh dan tertuang dalam surat himbauam nomor 020/LTM-PCNU/V/2017.

Surat yang yang ditunjukkan kepada seluruh ketua DKM se-Kabupaten Sumedang tersebut di keluar pada 18 Mei 2017 dan ditanda tangani oleh Ketua Lembaga Ta’mir Masjid Nahdlatul Ulama (LTM NU) Kabupaten Sumedang Eman Sulaeman, sekretaris LTM NU Muhammad Mumtaz Nurfaqih, dan diketahui oleh Ketua PCNU Kabupaten Sumedang H Sa’dulloh.

Iklan Layanan Masyarakat

H Sa’dulloh mengatakan bahwa melihat pada sejarah, Islam tegak berdiri dan berkembang di atas fondasi masjid. Di era pembentukan rukun Islam, shalat diturunkan dengan proses mi’raj yang didahului oleh proses isra’ dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha. Sejak era kerasulan sampai zaman Sahabat, Tabi’in, Tabi’it Tabi’in, para Salafus Shalihin, berlanjut ke era para Waliyullah di bumi Nusantara, masjid merupakan pusat peradaban umat Islam. Di situ masjid menjadi tempat yang betul-betul menjadi pembinaan mental spiritual umat Islam.

Mengacu pada sejarah tersebut, kata H Sa’dulloh, sebagai pusat pelayanan jamaah, sudah semestinya masjid-masjid bergerak bersama jamaah dalam aktivitas kemasyarakatan, dengan orientasi jelas pada pemberian solusi terhadap masalah-masalah yang ada di tengah-tengah masyarakat. Dan sebagai tempat beribadah dan bermunajat, semestinya masjid-masjid adalah tempat yang asri, wangi, dan nyaman bagi para jamaah supaya mereka bisa betah berlama-lama di dalamnya.

Berdasarkan alur-pikir tersebut, aksi bersih-bersih masjid ini menemukan nilai pentingnya sebagai salah satu upaya atau strategi untuk mewujudnyatakan rahmat-Nya bagi umat Islam di Kabupaten Sumbawa, tutur H Sa’dulloh.

Sementara Ketua LTM NU Kabupaten Sumedang Eman Sulaeman mengatakan aksi bersih-bersih masjid secara serentak ini tidak hanya dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1438 H saja, tapi sekaligus menyongsong satu abad akhirnya Nahdlatul Ulama. Kedepannya semoga kegiatan aksi bersih-bersih masjid ini dapat dilaksanakan secara istiqomah setiap waktu. (Ayi Abdul Kohar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here