Semaan Hafalan dan Haflah Qur’an Pondok Pesantren Universal Cibiru Kota Bandung

78

Oleh:Wahyu Iryana

Al-Quran adalah mujizat Nabi Muhammad SAW., yang masih bisa disaksikan sampai sekarang. Membacanya bernilai ibadah, mendengarkannya bernilai ibadah, menghafalnya bernilai ibadah, dan mengamalkan isi kandungannya bernilai ibadah. Subhanallah…

Tradisi Semaan Hafalan dan Haflah Qur’an sudah menjadi acara rutinan perbulan di Pesantren Universal Cipadung Cibiru Kota Bandung. Pada kesempatan kali ini acara Semaan dan Haflah Qur’an berbarengan dengan penyambutan santri baru (Ta’aruf Santri).

Gelaran acara yang diselenggarakan tepat di hari Minggu, 8 September 2019. Ketua Pelaksana kegiatan, Naila, mengatakan bahwa ” Tradisi mencintai al-Qur’an adalah keharusan bagi setiap muslim, seluruh santri wajib mengikuti acara Ta’aruf, karena ini merupakan acara wajib yang harus diikuti oleh seluruh Santri baru. “Ujar Naila.

Senada dengan Naila, Ketua Dewan Santri ,Salam, juga mengatakan bahwa ” Menjadi Santri harus serius ngaji, jangan memikirkan besok mau jadi apa ketika nyantri, yang utama itu tolabul ilmi dan ngalap berkah. ” Kata Salam mengutip pernyataan Mbah Maemun Zubaer.

Acara Semaan dan Haflah yang dibingkai dengan pembukaan Ta’aruf santri baru diawali dengan pembacaan kalam Illahi, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mars Pondok Universal, dan Subhanallah Wathon.

Dalam wejangannya Ketua dewan pengasuh Dr. KH. Tatang Astarudin., S. Ag., SH., M. Si yang biasa dipanggil Abi Tatang oleh para santrinya mengatakan ” Santri itu harus bisa mengemban wasilah nubuwah ummatan wasathan, yang memegang teguh Islam yang rahmatan lil alamin menebarkan kebaikan keseluruh semesta. Santri juga harus supel, berani. Selamat datang para pejuang, para pecundang silahkan pulang. ” Ujar Abi Tatang memberi semangat kepada santri baru. ” Biarkan untuk sementara kobong kita sempit, asal hati kita dilapangkan oleh Allah.” Tambahnya.

Acara dibuka dengan pemukulan bedug oleh ketua MUI Kecamatan Cibiru H. Burhanudin. Dan penyematan syal kepada perwakilan santri. Hadir dalam acara para tamu undangan Ketua PAC. Ansor Kecamatan Cibiru Kota Bandung Sahabat Asep, para asatidz, Gus Ibnu, Ustadz Deden, dan seluruh tamu undangan yang sedia hadir dalam acara Semaan dan Haflah Qur’an.

Tradisi membaca, menghafal dan mengamalkan Qur’an adalah bentuk rasa syukur dan kecintaan seorang muslim terhadap Allah dan Rasul-Nya, siapa yang mencintai Allah dan Rasul-Nya tentu mencintai Al-Quran dengan cara membaca, menghafal dan mengamalkan isi kandungan Al-Quran tersebut.

Acara Semaan dan Haflah dimulai jam 8.00 Wib hingga jelang Shalat Asar, dengan jeda istirahat shalat Dhuhur berjama’ah. Berikut santriwan santriwati Hafidz Hafizah yang melantunkan ayat suci Al-Quran; ananda Fajrin Munifah, Putri Nur Pratiwi, Aurora Agung Akbar, Amalia Nurhabibah, dan Muhammad Khidir. Sebagai bentuk penghargaan ketua dewan pengasuh Abi Tatang Astarudin dan Umi Faridah memberikan Piagam penghargaan dan uang kadedeuh untuk memberi semangat moril agar santri lain mengikuti jejak menjadi para hafidz hafidzah.

Acara diakhiri dengan doa bersama salaman dengan penuh haru dan bangga Abi dan Umi memeluk erat para santri penghafal Qur’an.

Semoga semangat mencintai Al-Qur’an dengan menghafal dan mengamalkannya tertular pada kita semua. Aamiin.
Wallahu’allam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here