The news is by your side.

Wakil Sekretaris LTN NU Jabar : Malam yang Penuh dengan Keberkahan Terdapat di Bulan Ramadhan

Wakil Sekretaris LTN NU Jabar : Malam yang Penuh dengan Keberkahan Terdapat di Bulan Ramadhan | NU Online LTN Nahdlatul Ulama Jawa Barat

Kabupaten Bogor – Yayasan Baitul Ihsan Nusantara mengadakan Santunan Ramadhan 1443 H. Hal ini menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan di Majelis Ta’lim Al-Ittihadul Islami. Sebuah lembaga non formal yang bernaung di Yayasan Baitul Ihsan Nusantara yang dipimpin oleh Kiai Hasan Syazili, berlokasi di Kp. Citayam, Desa Ragajaya Kabupaten Bogor pada hari Minggu (17/04).

Wakil sekretaris LTN PWNU Jawa Barat Ustadz H. Abdul Hadi Hasan. pada saat mauidhoh hasanah menyampaikan Giat Santunan Ramadhan ini untuk meraih ridho Allah Ta’ala pada Ramadhan karim, dengan adanya peristiwa agung, yakni diturunkannya kitab suci Al-Qur’an sebagai pedoman hidup untuk manusia yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.

“Kita menjadi tamu di bulan Ramadhan, dan Allah Ta’ala menjamu dengan banyak hidangan. Adanya Rahmat, Maghfirah dan keridhoan Allah Ta’ala, sehingga mari kita manfaatkan untuk menghatamkan Al-Qur’an, berusaha memahami tujuan dari kitab suci tersebut, dan kegiatan menyantuni Yatim dan Dhuafa merupakan wasilah kita meraih Ridho ilahi,” Tuturnya

Bulan Ramadhan bagi orang beriman adalah menjalankan puasa menjadi wasilah mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala. Dan pada bulan Ramadhan terdapat malam penuh berkah (في ليلة مباركة) sebagai mana firman Allah SWT.

Adapun malam yang terdapat dalam firman Allah Ta’ala,

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ (سورة الدخان: 3-4)

“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan Sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah.” SQ. Ad-Dukhon: 3-4.

“Pada bulan ini Allah SWT banyak melimpahkan Rahmat-Nya kepada manusia yang beriman, tentunya saat mendapatkan malam Lailatul Qodr (malamnya lebih baik dari seribu bulan), dan malam yang penuh dengan keberkahan terdapat di bulan Ramadhan,” Pungkas Pengampu Channel Youtube Santri Noesantara

Penasehat Yayasan Baitul Ihsan Nusantara, Ustadz Muhammad Hasan mengatakan, pihaknya pada momentum Ramadhan 1443 Hijriyah ini menargetkan bisa berbagi makanan buka puasa dan menyalurkan santunan kepada anak yatim, dhuafa, janda, dan para guru ngaji lekar di Citayam.

“Teknis pelaksanaannya kami kumpulkan dalam beberapa fase waktu, anak yatim dan dhuafa dalam dua kali fase pertemuan, untuk janda dan guru ngaji kami yang sambang ke kediaman masing-masing,” katanya.

Ustadz Muhammad menerangkan, sejumlah aksi filantropi lainnya juga dilakukan oleh Yayasan Baitul Ihsan Nusantara di bulan Ramadhan 1443 Hijriyah tersebut dengan mengusung tema “Merawat Kepedulian, Berbagi dibulan Ramadhan”.

Sementara itu, Fatayat NU Citayam Ragajaya, Ustadzah Yuyun Naylufar mengatakan, kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan yang diadakan dan mendapatkan kepercayaan dari berbagai elemen masyarakat.

“Alhamdulillah, masyarakat terus memberikan kepercayaan kepada yayasan kami, sehingga berbagai kegiatan ini bisa dilaksanakan.” Tuturnya

Setidaknya 100 anak yatim dan dhuafa mengikuti buka puasa bersama (bukber) dan santunan, acara yang diawali dengan pembacaan Dzikir dan Tahlil serta Maulid Simtuduror, dihadiri oleh pengurus PAC Muslimat Kecamatan Bojonggede, Pergunu Kabupaten, LTMNU Kabupaten Bogor, MUI Pabuaran, dan sejumlah tokoh masyarakat.

Pewarta : Abdul Mun’im Hasan

Leave A Reply

Your email address will not be published.