Apa yang Harus Dilakukan agar Anak Bisa Mandiri ?

17
Apa yang Harus Dilakukan agar Anak Bisa Mandiri ?

Assalamu’alaikum wr. wb..
Saya ibu D di Pasuruan yang bekerja sebagai guru.  Saya mempunyai 1 putra umur 3 tahun. Putra saya tidak mau saya tinggal ( sebentar). Akibatnya ngajarpun saya bawa, sekarang putra saya sudah mulai PAUD. Apa yang harus saya lakukan supaya dia gak terlalu ” Mak-mak en “? (terlalu dekat sama ibu). Terima kasih Pak..


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ibu D yang baik…. Untuk mengatasi kelekatan seperti itu, memang perlu dilatih Bu.. Anak yang tidak mau lepas atau jauh dari orang tuanya menunjukkan adanya rasa tidak aman dalam dirinya dan adanya rasa tidak percaya pada orang lain atau lingkungan. Dua hal ini bisa menjadi fokus kita untuk menumbuhkannya.

Iklan Layanan Masyarakat

Seorang anak yang merasa aman dan percaya pada orang lain atau lingkungan biasanya cenderung lebih berani dan lebih mandiri.  Mungkin ibu bisa melatihnya sedikit demi sedikit kepada anand. Untuk menumbuhkan rasa aman pada anak, kita sebagai orang tua harus merasa aman juga jika anak kita jauh dari kita.  Demikian juga untuk menumbuhkan rasa percaya anak pada orang lain. Kita lebih dulu harus percaya pada orang lain yang bersama anak kita.

Jika dua kondisi itu sudah ada pada kita, maka bisa dimulai melatih anak.  Misalnya sering-sering mengajak anak untuk berinteraksi dengan banyak orang dan dengan banyak situasi. Tentunya, kita akan memilih orang dan situasi yang baik ya Bu… Biarkan anak bermain dengan teman sebayanya, atau biarkan anak bermain di tempat bermain dengan tetap dalam pengawasan kita.  Atau ajak anak berenang, atau ke kebun binatang dsb. Dengan semakin banyaknya anak memiliki pengalaman dalam banyak situasi, anak akan mengembangkan suatu persepsi bahwa lingkungan di luar dirinya atau orang lain selain orang tuanya itu baik, menyenangkan dan tidak membahayakan dirinya.

Dengan demikian, nanti akan muncul rasa aman dan percaya dalam diri ananda yang secara otomatis anak akan berani untuk ditinggal orang tuanya. Mungkin seperti itu yanh bisa saya sampaikan. Mudah-mudahan ada manfaatnya,  Bu.  Semoga ananda menjadi anak yang berani dan mandiri….

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam hormat

Dr. Muhammad Fakhrurrozi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here