Apa yang Harus Saya Usulkan ke Orang Tua Saya tentang Situasi ini?

9
Apa yang Harus Saya Usulkan ke Orang Tua Saya tentang Situasi ini?

Bapak/ ibu,

Saya A dari Jakbar, mohon bantuannya, saya putri anak pertama dari 3 bersaudara, saya punya orang tua yang sama sibuknya, bapak pulang 3 bulan sekali karena sebagai pelayar, ibu saya bekerja kantoran dari pagi sampai malam baru pulang.

Saya tinggal di daerah yang padat penduduknya, rame sekali, saya kasihan dengan adik adik saya yang masih SD dan SMP.

Apa yang harus saya usulkan kepada ortu saya?…


Tanggapan:

Mba A yang baik… Sebagai perempuan sekaligus anak sulung dengan dua orang adik yang masih sekolah dan dengan orang tua yang jarang menemani di rumah, tentu terasa tidak nyaman. Sebenarnya pertanyaan yang Anda ajukan tampaknya perlu diperjelas, Mba. Hal apa yang membuat Anda kasihan dengan adik-adik Anda?

Apakah faktor keamanan tinggal di tengah pemukiman padat penduduk yang ramai atau faktor kurangnya kasih sayang dari orang tua?Selain itu informasi tentang bagaimana pola interaksi ibu dengan adik-adik ketika di rumah, demikian juga dengan bapak? Hal ini penting untuk diutarakan, karena faktor kualitas hubungan orang tua dengan anak akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan psikologis anak.

Faktor kualitas ini lebih penting daripada kuantitas. Misalnya secara kuantitas memang jarang bertemu, tapi jika sekali bertemu kemudian diisi dengan berbagai hal yang berkualitas seperti bermain bersama, ngobrol bersama, mencurahkan segenap perhatian sepenuh hati kepada anak dan berbagai kegiatan positif lainnya, maka hal itu akan berdampak positif terhadap anak.

Dari cerita Mba A di atas, baru menjelaskan tentang kuantitas pertemuan yang jarang antara anak dengan orang tua. Saya belum bisa memberikan suatu saran konkrit untuk situasi yang Mba ceritakan. Jika berkenan, Mba A bisa menceritakan kembali dengan lebih detail situasi dan kondisi yang sebenernya terjadi dalam rumah Anda. Mungkin sementara itu dulu yang bisa saya tanggapi, Mba. Mudah-mudahan bisa sedikit memberikan gambaran, Mba…

Salam hormat,

Dr. Muhammad Fakhrurrozi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here