The news is by your side.

Belajar Demokrasi, MTs Ma’arif Adakan Pemilu Raya

Belajar Demokrasi, MTs Ma'arif Adakan Pemilu Raya | NU Online LTN Nahdlatul Ulama Jawa BaratMajalengka – Pembelajaran dan Pengamalan berdemokrasi harus ditanamkan sejak dini kepada siswa sekolah baik dasar maupun lanjutan sebagai upaya untuk membentuk karakter bangsa yang kuat dalam sistem negara demokrasi. Hal ini yang dilakukan oleh MTs Ma’arif Cikedung Maja Kabupaten Majalengka dengan melaksanakan kegiatan Pemilu Raya untuk memilih Ketua Osis Masa Bakti 2018 – 2019 di Lapangan MTs Ma’arif (Kamis, 29/3).

Ketua Panitia, Dede Asep Maulana mengatakan Pemilu Raya merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakn oleh Osis untuk memilih Ketua Osis. “Pemilu Raya ini diikuti oleh seluruh civitas akademika di MTs untuk memilih Ketua Osis yang baru”, katanya.

Belajar Demokrasi, MTs Ma'arif Adakan Pemilu Raya | NU Online LTN Nahdlatul Ulama Jawa BaratIa juga menambahkan Pemilu Raya ini sengaja didesain seperti layaknya pemilu yang ada di negara kita baik itu pemilihan legislatif maupun presiden. “Desain acaranya memang seperti pemilu yang ada di negara kita, semua persis sama dari mulai calon, pendataan pemilih, tinta pemilih maupun kotak suara”, tambah siswa kelas IX ini.
Ditempat yang sama Pembina Osis, Endin Muhtadin, M.Ag mengungkapkan bahwa program Osis setiap tahunnya memang diawali dengan Pemilu Raya sebagai tahap awal menyiapkan kader-kader pilihan yang akan mengisi struktur kepengurusan Osis. “Pemilu Raya ini sebagai program awal dan tahap pertama terbentuknya kepengurusan Osis”, ungkapnya.

Ketika ditanya tujuan dari kegiatan tersebut, Ia menjawab dengan adanya kegiatan ini diharapkan adanya pemahaman dan pengetahuan bagi siswa dalam berdemokrasi dan berorganisasi. “Pemilu Raya ini hanya salah satu dari cara mengenalkan demokrasi dan berorganisasi kepada siswa”, jawab kandidat doktoral ini.
Lebih jauh, ia juga menjelaskan tahapan-tahapan program osis setelah dilaksanakannya Pemilu Raya ini maka akan diadakan seleksi kepengurusan Osis melalui Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS). “Setelah Pemilu Raya nantinya ada kegiatan LDKS selama dua hari untuk menyeleksi kepengurusan Osis”, paparnya.

Sementara itu, Kepala MTs Ma’arif Cikedung Maja, Drs. H. E. Afief Alfiana, M.Si dalam sambutannya mengharapkan adanya berbagai kegiatan pembelajaran bisa memberikan pengetahuan dan pengalaman bagi siswa dalam membekali dirinya untuk siap tampik dikemudian hari. “Melalui kegiatan-kegiatan yang ada diharapkan pada akhirnya siswa mempunyai bekal untuk kehidupan yang akan datang”, harapnya.
Tampak dalam pantauan pada kegiatan Pemilu Raya cukup antusias dan semarak diikuti oleh seluruh civitas akademika MTs Ma’arif Cikedung Maja.

Leave A Reply

Your email address will not be published.