The news is by your side.

Ber-Ansor itu Artinya Beragama, Berbudaya, Berbangsa, dan Bernegara

Ber-Ansor itu Artinya Beragama, Berbudaya, Berbangsa, dan Bernegara

Sumedang.- “Ketika Beragama berarti kita beransor, ketika kita berbudaya berarti kita beransor, dan ketika kita Berbangsa dan bernegara berarti kita beransor. Dan ketika kita Beransor berarti kita Beragama, berbudaya, berbangsa dan bernegara”. Kata Sekretaris PC GP Ansor Sumedang, Hendra Hidayat.

Hal tersebut disampaikan pada acara pembentukan pengurus PAC GP. Ansor kecamatan Ganeas masa khidmat 2019-2021, bertempat di MTs Al-Falahiyyah Desa Cikoneng Kecamatan Ganeas, Rabu (18/09).

“Ansor itu menjadi identitas setiap individu kader. Ansor itu sendiri adalah budaya keber-agama-an bangsa nusantara (yang menampilkan islam yang sejuk, berakar pada budaya sendiri, namun tetap berperan secara global). Jadi beransor (karakter ansor), itu akan membentuk tatanan kenegaraan yang religius’.

“Budaya di sini maksudnya cara hidup, cara pandang, dan cara birpikir. Jadi, cara hidup Ansor harus mengikuti warisan ulama terdahulu. Artinya, tidak melulu urusan agama, tetapi urusan sosial, budaya ekonomi, pendidikan, politik, dsb”.

“Sekarang ada teman-teman kita yang lain ingin menghancurkan negara kita dari dalam dengan berkedokan agama. Yang menampilkan Jabar dan Qohar, bukan yang Rohman dan Rohim”. Tambahnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.