Cemas berhadapan dengan orang tertentu

17

Assalamu’alaikum wr wb

Saya mahasiswi tingkat akhir, saat ini sedang skripsi, tapi saya takut kalau nanti pas sidang sarjana, saya tidak bisa menjawab dan tidak lulus. Hal ini karena seperti yang saya alami sebelumnya. Saat saya harus bicara di muka orang lain terutama saat saya harus menjelaskan sesuatu, saya cemas bahkan takut.

Contohnya saat sidang proposal skripsi, saya cemas sekali, hingga akhirnya ga bisa jelasin dan akibatnya nangis deh.. Demikian juga kalau tugas presentasi di kelas, saya takut sekali. Dulu saat SMA saya takut kalau diberi tugas Bahasa Inggris, hingga akhirnya saya takut pada guru Bahasa Inggris dan menghindari ketemu.

Bahkan saya juga takut untuk bimbingan skripsi. Akhirnya skripsinya saya tunda-tunda, padahal sekarang sudah Bab IV. Tapi herannya saya bisa enjoy pas mengajar anak TK atau SD. Saya senang dan walaupun ada cemas tapi itu sedikit sekali dan bisa saya atasi. Saya kepengin bisa lepas dari situasi ini. Gimana caranya ya Pak? Terima kasih banyak Pak.

Wassalamu’alaikum wr wb

N


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Terimakasih sudah berbagi kisah di sini, Mba. Kalau membaca penjelasan Anda, tampaknya Anda mengalami kecemasan dalam situasi tertentu. Ketika Anda berhadapan dengan dosen skripsi, dengan guru bahasa Inggris, dengan dosen penguji, Anda merasa cemas. Di sisi lain ketika Anda menjadi pengajar dan berhadapan dengan anak TK atau SD, Anda bisa enjoy dan tidak terlalu cemas. Anda bisa mengatasi kecemasan Anda.  Dari sini bisa kita simpulkan, Anda mengalami cemas dan tidak bisa mengatasinya di saat Anda berhadapan dengan figur otoritas. Dengan kata lain Anda menjadi inferior di hadapan figur suka superior. Sebaliknya di saat Anda menjadi figur superior (menjadi pengajar TK atau SD), Anda bisa mengatasi kecemasan Anda dan Anda menikmatinya.  Ini yang mesti Anda pahami terlebih dahulu sehingga Anda bisa memahami posisi Anda di tiap situasi yang Anda hadapi.  Hal ini pentung untuk mengontrol kecemasan Anda nantinya.  Hal lain yang mesti Anda pahami adalah setiap kali seseorang berada dalam kondisi emosional (baik positif atau negatif), dia akan mengalami kesulitan untuk berpikir rasional. Seperti Anda ketika cemas (emosi negatif), maka Anda kesulitan untuk menjawab atau menjelaskan materi (berpikir rasional). Oleh karena itu penting sekali kita untuk menguasai emosi kita sehingga kita tetap bisa berpikir jernih dalam tiap situasi.

Ada beberapa cara yang bisa Anda tempuh. Pertama, jika Anda akan presentasi, pastikan bahwa materi Anda sudah lengkap dan benar. Pelajari materi hingga Anda menguasainya. Kedua, berlatihlah sebelum presentasi. Anda bisa berlatih presentasi di depan cermin sendirian. Lakukan hingga Anda merasa cukup mahir. Setelah itu Anda perlu berlatih presentasi di hadapan orang lain. Mintalah beberapa teman Anda untuk berpura-pura menjadi audiens. Biarkan mereka bertanya dan Anda berlatih untuk menjawabnya.  Makin sering, Anda melakukannya, lama-lama kecemasan Anda sedikit demi sedikit akan berkurang. Insya Allah. Dan yang paling penting adalah mintalah kepada Allah agar Allah singkirkan kecemasan dalam hati Anda dan agar Anda diberikan ketenangan batin saat presentasi. Mungkin itu yang bisa saya paparkan Mba. Selamat berlatih dan semoga Anda diberikan batin yang tenang. Amiin…

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam hormat

Muhammad Fakhrurrozi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here