STAI DR. Khez Muttaqien Adakan Seminar Wira Usaha dan Pelatihan Digital Marketing

41
STAI DR. Khez Muttaqien Adakan Seminar Wira Usaha dan Pelatihan Digital Marketing

PURWAKARTA, – Perkembangan teknologi telah menjadikan internet bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia modern. Kemudahan yang ditawarkan oleh adanya koneksi internet telah berhasil memutus batas jarak antara produsen dan konsumen. Kini, jual-beli tidak lagi dilakukan secara tradisional dimana penjual dan pembeli bertemu di tempat yang sama. Dengan adanya internet, jual beli tetap dapat dilakukan walaupun terpisah jarak yang jauh, tanpa adanya tatap-muka antara penjual dan pembeli.

Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah, salah satu jurusan dari Fakultas Ekonomi STAI DR. Khez Muttaqien Purwakarta mencoba untuk mengakomodasi fenomena ini dengan melaksanakan seminar dan pelatihan mengenai Digital marketing. Seminar bertajuk ” Seminar Wira Usaha dan Pelatihan Digital Marketing” ini diadakan pada hari Minggu (27/01/19), bertempat di Aula Janaka Pemda Purwakarta. Seminar diadakan sejak pukul 08.00-12.00, dilanjutkan dengan pelatihan “Belajar berjualan online di Buka Lapak ” dari pukul 13.00 – selesai. Acara dibuka oleh sambutan dari Drs. Maman Rosama, KM MM selaku Ketua Prodi Ekonomi Syariah dan Dzikri Ketua HMJ Ekonomi Syariah selaku ketua acara.

Acara Seminar di Aula Janaka Pemda Purwakarta diikuti lebih dari 150 Mahasiswa yang selama ini biasanya mereka hanya sebagai konsumen dari Online market place. “Seminar ini sangat penting bagi Mahasiswa, agar Mahasiswa bisa lebih produktif dan memiliki daya saing serta tidak lagi mengandalkan orang tua untuk membayar biaya kuliah dan kebutuhan lainnya” Papar Dzikri.

Iklan Layanan Masyarakat

Seminar ini menghadirkan tiga orang pembicara, Ali Abdurrahman (Ketua Departemen Ekonomi dan Koperasi Persatuan Guru NU Jawa Barat) dan Septi PB (Marketing Manager Buka Lapak). Tujuan utama dari diadakannya seminar dan pelatihan ini adalah untuk membantu Mahasiswa mengenal dan menjadi pelaku strategi bisnis online marketing yang sedang marak diterapkan.

Dalam presentasinya Ali Abdurrahman menyampaikan bahwa “Rasulullah SAW adalah Tauladan untuk Umat Islam dalam berbagai aspek, termasuk dalam perekonomian. Nabi Muhammad SAW adalah Marketing sangat sukses, dalam berbagai Tarikh diriwayatkan ketika Beliau berdagang tidak pernah meretur satupun produk dagannya artinya semua produk yang dibawa oleh Rasul SAW habis terjual.” Papar Ali.

“Rahasia sukses Rasul SAW dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pada saat menjadi Marketing sebenarnya sudah dikenal luas oleh Umat Islam yaitu 4 Sifat beliau yang Agung Shidiq, Amanah, Fatonah dan Tabligh. Beliau senantiasa Jujur, Terpercaya, Smart dan Pandai dalam menyampaikan pesan.” lanjut Ali.

Kegiatan Seminar dan praktek usaha berbasis digital marketing untuk mahasiswa harus terus digalakkan, dengan dukungan dari Buka Lapak yang siap membimbing sampai terampil sehingga mahasiswa siap menghadapi tantangan jaman dan tidak menambah angka pengangguran baru pasca wisuda serta nantinya mampu membawa perubahan besar dimasyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here