Deklarasi Islam Moderat oleh Mahasiswa Baru UIN Sunan Gunung Djati Bandung

1390
Deklarasi Islam Moderat oleh Mahasiswa Baru UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Oleh:Wahyu Iryana

Sebanyak 6637 calon Mahasiswa Baru (Maba), mengikuti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2019.

Gelaran acara PBAK yang mengambil tema “Moderasi Beragama Menyongsong SDM Unggul menuju Indonesia Maju” dibuka oleh Prof. Dr. H. Nanat Fatah Natsir, M.Si., Ketua Senat UIN SGD Bandung pada saat Sidang Senat pembukaan PBAK. Acara dilanjutkan dengan sambutan pembukaan oleh Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud., M. Pd.,“Selamat datang mahasiswa baru di UIN SGD Bandung, kalian merupakan mahasiswa yang terpilih untuk menimba ilmu di UIN SGD Bandung, oleh karena itu adik-adik mahasiswa baru hendaknya bersyukur, silahkan sekarang adik-adik untuk melaksanakan sujud syukur”, demikian sambutan Bapak rektor disaksikan oleh jajaran senat dan wakil rektor.

Iklan Layanan Masyarakat

Pelaksanaan PBAK 2019 seyogyanya dilakukan dari hari Senin-Kamis, 26-29 Agustus 2019. Hari pertama difokuskan untuk empat Fakultas Syariah, Fak. Saintek, Fak. Adab dan Humaniora, Fak. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Hari kedua Fakultas Ushuluddin, Fak. Tarbiyah dan Keguruan, Dakwah dan Komunikasi, dan Fak. Psikologi. Hari ketiga (Rabu) gabungan seluruh Mahasiswa Baru lintas Fakultas. Hari keempat Kamis, 29 Agustus 2019 ditingkat Fakultas dan Jurusan.

Dalam pembukaan PBAK 2019 Mahasiswa baru membacakan Deklarasi Islam moderat.
Berikut isi Deklarasi Islam moderat di bawah ini :

KAMI MAHASISWA BARU UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, DENGAN INI MENYATAKAN:

  1. BERTEKAD MENJADIKAN EMPAT PILAR KEBANGSAAN YAITU PANCASILA, UNDANG-UNDANG DASAR REPUBLIK INDONESIA 1945, BHINNEKA TUNGGAL IKA, DAN NKRI SEBAGAI PEDOMAN DALAM BERBANGSA DAN BERNEGARA.
  2. BERTEKAD MENGHIDUPKAN NILAI-NILAI AJARAN ISLAM MODERAT DAN RAHMATAN LIL-ALAMIN DI TENGAH KEMAJEMUKAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA.
  3. MENOLAK ORGANISASI DAN AKTIVITAS YANG BERORIENTASI DAN/ATAU BERAFILIASI DENGAN GERAKAN RADIKALISME, TERORISME, DAN/ATAU ORGANISASI KEMASYARAKATAN/ ORGANISASI POLITIK YANG BERTENTANGAN DENGAN PANCASILA, UNDANG-UNDANG DASAR 1945, DAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN.
  4. MENGAJAK SELURUH KOMPONEN BANGSA UNTUK MELAKUKAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN PAHAM DAN/ATAU GERAKAN RADIKALISME, TERORISME DAN/ATAU IDEOLOGI YANG BERTENTANGAN DENGAN PANCASILA DAN UNDANG-UNDANG DASAR 1945.

BANDUNG, 26 AGUSTUS 2019.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan peta konsep dari Warek I Prof. Dr. H. Rosihon Anwar. M.Ag., terkait siklus akademik di UIN Bandung, Warek II Dr. H. Tedi Priatna, M.Pd., terkait Kepegawaian dan keuangan, Warek III, Dr. H. Ahmad Fatoni, M.Ag. terkait kemahasiswaan dan lulusan (Alumni), dan Warek IV Prof. Dr. Hj. Ulfiah., M.Si., terkait kerjasama kelembagaan serta tugas tambahan Internasional Office. Sampai berita ini diturunkan acara PBAK 2019 masih berlanjut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here