Dubes Agus Maftuh Ungkap Popularitas Istilah dan Tradisi NU di Arab Saudi

62
Dubes Agus Maftuh Ungkap Popularitas Istilah dan Tradisi NU di Arab Saudi

Jakarta, NU Online – Prinsip-prinsip beragama dan istilah-istilah yang digunakan oleh Nahdlatul Ulama saat ini sudah mendunia. Di Arab Saudi, istilah tasamuh (toleran), i’tidal (konsisten), dan tawasuth (moderat) yang merupakan ciri utama ajaran Ahlussunah wal Jamaah An-Nahdliyah sudah sangat populer. 

Ini terjadi sejak Pangeran Arab Saudi Muhammad bin Salman (MBS) menyampaikan sebuah pidato pada 2017 dengan kata-kata yang sangat tegas menyebut istilah tersebut. ‘Nahnu faqad na’udu ila ma kunna alaihi minal islam al-wasati al mu’tadili al mutasamihi al munfatihi ‘alal alam wa ’ala jami’il adyan’ (Kita pasti akan kembali kepada Islam yang moderat, yang lurus, yang toleran. yang terbuka ke seluruh dunia dan semua agama).

Budaya dan tradisi Indonesia dan Nahdlatul Ulama pun sudah bergema di Arab Saudi dengan menjadikan Indonesia sebagai tamu kehormatan dalam sebuah pameran budaya tahun 2018 dan 2019 di wilayah Janadriyah. Pameran ini merupakan dialog antar peradaban Nusantara dan Timur Tengah yang orang Arab Saudi sendiri menyebutnya sebagai dialog peradaban terbesar di Abad 21.

Iklan Layanan Masyarakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here