Gus Mus: Kesetiaan NU pada Indonesia, Bukan pada Pemerintah!

70
Gus Mus: Kesetiaan NU pada Indonesia, Bukan pada Pemerintah!

Pamekasan, NU Online Kesetiaan dan loyalitas NU adalah pada Indonesia. Bukan pada pemerintah. NU tidak pernah berontak sekalipun dikecewakan oleh pemerintah. Demikian ditegaskan Mustasyar PBNU, KH Mustofa Bisri (Gus Mus), saat mengisi pengajian Malam Puncak Hari Santri 2019 PCNU Pamekasan di Pesantren Miftahul Ulum Bettet, Pamekasan, Jawa Timur, Sabtu (26/10) malam.

Menurutnya, saat orde baru berkuasa, NU sudah dikecewakan. Ketika itu NU diabaikan, ditindas dan sebagainya. Tapi ketika Pemilu digelar, NU tidak pernah memberontak. Itu karena NU loyal kepada Indonesia, bukan pada pemerintah.

“Kiai, saya menyatakan Indonesia adalah rumah. Kamu menghirup udara, udara Indonesia. Kita makan dan minum dari makanan dan minuman Indonesia. Ketika meninggal, kita akan kembali menyatu dengan tanah Indonesia,” kata Gus Mus yang disimak secara khidmat oleh ribuan nahdliyin.

Dalam kesempatan itu, Gus Mus juga menjelaskan bahwa pesantren adalah NU kecil. NU merupakan pesantren besar. “Pesantren yang bukan NU, tergolong bid’ah,” ujar Gus Mus yang disambut tawa dan tepuk tangan hadirin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here