Gus Muwaffiq: Islam Indonesia Mendunia Berkat Ajaran Auliya dan Ulama

9
Gus Muwaffiq: Islam Indonesia Mendunia Berkat Ajaran Auliya dan Ulama

Demak, NU Online 

Kebesaran  Islam  di  Indonesia  hingga  berhasil  mendunia   tidak   lepas  dari peran para wali dan ulama yang  memberikan  tuntunan  kepada  jamaahnya   untuk selalu menghormati dan melestarikan tradisi ajaran yang  baik dari generasi sebelumnya melalui  tradisi haul (memperingati hari wafat) orang-orang baik yang berjasa mengjarkan Islam kerpada masyarakat. 

“Demikian juga  masyarakat Islam Indonesia, termasuk  Demak  bisa  tetap  eksis  berkat peran para wali songo dan ulama masa lalu  yang salah tuntunan yang diajarkan adalah nguri-uri  tradisi haul seperti sekarang ini,” ujar Gus Muwaffiq di hadapan ribuan umat Islam yang memadati Alun-alun Demak.

Saat menyampaikan taushiyah dalam haul agung ke-517 Kanjeng Sultan Raden Fattah Al Akbar Sayidin Panotogomo di alun-alun kota Demak Jateng, Kamis (6/2) malam  Gus Muwaffiq mengatakan, bangsa yang  besar dan kuat saat ini tidak bisa lepas dari kerja keras masyarakatnya di masa lalu.

Menurutnya, melalui tradisi haul inilah  masyarakat dikenalkan tentang  kebaikan-kebaikan, kegigihan, keuletan, dan ketaatan dalam menjalankan ajaran Islam. 

“Perilaku akhlak mulia para wali dan kiai terdahulu patut kita contoh bagaimana mereka membangun masyarakat sehingga bisa hidup damai dan tenteram, meski berdanpngan dengan orang yang berbeda agama, suku bangsa dan tradisi,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here