The news is by your side.

Hikmah Bafaqih: Visi Komunikasi Politik NU untuk Kesejahteraan Jam’iyyah dan Jamaah

Hikmah Bafaqih: Visi Komunikasi Politik NU untuk Kesejahteraan Jam'iyyah dan Jamaah | NU Online LTN Nahdlatul Ulama Jawa BaratMalang, Perhelatan Halaqoh Politik & Sekolah Kepemimpinan sudah selesai. Kegiatan yang digelar oleh Lakpesdam NU Kota Malang sejak tanggal 29 Oktober tersebut ditutup dan akhiri pada 19 November, hari ini (19/11/2022).

Pada sesi terakhir ini, panitia menghadirkan tokoh politik perempuan Jawa Timur, Nyai Hj. Hikmah Bafaqih, anggota DPRD Jawa Timur dari fraksi PKB.

Ketua PW Fatayat NU Jawa Timur periode 2013-2019 tersebut diminta untuk menyampaikan materi tentang pentingnya komunikasi politik NU untuk kesejahteraan jam’iyyah dan jamaah. Nyai Ema, sapaan akrabnya, menegaskan bahwa komunikasi politik yang dimaksud digunakan untuk kemaslahatan jamiyah dan jamaah, bukan untuk kemaslahatan pribadi. Terlebih dalam urusan mengusung visi dn misi politik yang merepresentasikan nilai-nilai perjuangan Nahdlatul Ulama.

“Itulah pentingnya ada orang NU yang berpartisipasi aktif dan masuk dalam panggung-panggung politik,” imbuh perempuan asal Pasuruan tersebut.

Sementara itu, KH. Mohammad Nafi, Wakil Rois Syuriah PCNU Kota Malang menekankan kepada peserta dan paniti bahwa kegiatan semacam ini harus dikembangkan dan diteruskan hingga level basis.

Menurutnya, pentingnya kegiatan semacam ini terletak pada kewajiban NU untuk melakukan civic education dan berkontribusi kepada negara. Makanya, NU tidak pernah melawan negara atau mengancam keberadaan negara.

“Wawasan begini ini (civic education ala NU) harus disampaikan terus menerus kepada jamaah,” tegas Pengasuh Pesma Al-Hikam tersebut.

Kiai Nafi kemudian menutup kegiatan yang digelar oleh Lakpesdam NU Kota Malang ini dengan satu refleksi tentang sejarah perjuangan NU dalam menjaga negara yang ia sebut Tahqiqul Masholih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.