INTEGRASI AGAMA DAN PANCASILA YANG DITAKUTI HTI

261

HTI berjuang keras memisahkan agama dan Pancasila. Pola-pola sekularisasi Pancasila yang dulu pernah dilakukan oleh pemerintahan Orde Baru. Sekularisasi Pancasila memaksa masyarakat menjadi split personality (kepribadian yang terbelah). Satu sisi, mereka penganut agama, sisi lain penganut ideologi Pancasila.

Meski demikian, meski dipaksa-paksakan, ternyata masyarakat yang berkepribadian ganda tidak pernah terwujud. Masyarakat tetap agamis dan Pancasilais, karena pada hakikatnya agama dan Pancasila itu satu jiwa, satu nyawa dan satu ruh.

Upaya HTI melakukan sekularisasi Pancasila agar mempunyai celah untuk dibenturkan dengan umat beragama, dipastikan akan sia-sia. Yang terjadi justru sebaliknya, integrasi agama dan Pancasila semakin kokoh dan kuat seiring meningkatnya ilmu pengetahuan agama, iman dan taqwa masyarakat.

Iklan Layanan Masyarakat

1 COMMENT

  1. Penulis ngaco, Sekularisme itu dari Barat berkawan dgn Liberalisme, bukan dari HTI. HTI itu pahamnya islamisme. Fakta skrng coba lihat pemikiran beberapa orang di tubuh NU yg lebih condong ke pemikiran sekuler. Walaupun tidak semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here