The news is by your side.

Islam yang Bagaimanakah yang Lebih Baik?

حدثنا عمرو بن خالد قال حدثنا الليث عن يزيد عن أبي الخير عن عبد الله بن عمرو رضي الله عنهما أن رجلا سأل النبي صلى الله عليه وسلم أي الإسلام خير قال تطعم الطعام وتقرأ السلام على من عرفت ومن لم تعرف

‎‏(HR Bukhari- Muslim)

Ada yg bertaya kepada Nabi: Islam manakah yg lebih baik? Nabi menjawab: memberi makan dan memberi salam baik kepada orang yang kamu kenal atau tidak. Hadits ini diriwayatkan oleh Bukhari-Muslim. Ini Hadits sahih.

Memberi makan adalah salah satu bentuk kepedulian sosial. Dalam bahasa yg lebih umum, Nabi menekankan kepada saling menolong untuk kesejahteraan masyarakat. Mereka yg lapar akan mudah tergoda berbuat kejahatan. Maka tugas kita adalah bagaimana menciptakan kesejahteraan sosial.

Pesan kedua dari Nabi adalah memberi salam. Salam adalah simbol penghormatan, kasih sayang dan perdamaian. Selain meningkatkan kesejahteraan, Nabi menekankan utk menjaga kehormatan dan perdamaian masyarakat. Keduanya saling berkaitan erat.

Frase terakhir dari pesan Nabi juga amat dahsyat: kesejahteraan dan perdamaian itu dilakukan baik kepada orang yg kita kenal atau tidak. Humanisme pesan Nabi begitu terasa. Tidak lagi membedakan agama, etnik, dan bangsa; kita diminta memberi makan dan menebar salam pada semua.

Leave A Reply

Your email address will not be published.