Bahtsul Masail Bahas Hukum Jual Beli Online Juga Orang Islam Masuk Gereja

361

CIHAMPELAS– Bahtsul Masail, sangat menarik membahas seputar hukum Islam. Bagaimana tidak, acara yang digagas Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Bandung Barat (KBB), rangkaian Hari Santri Nasional (HSN), membahas tiga perkara dalam Bahtsul Masail di Ponpes Darul Falah Cihampelas KBB, Sabtu (19/10/2019).

Yakni, membahas hukum jual beli online, hukumnya orang Islam masuk Gereja dan Hukum mabit di Mina jadid (baru). “Namun yang terbahas hanya dua masalah mengingat keterbatasan waktu dan mesti dirumuskan dulu oleh tim perumus,” ujar Ketua Panitia Peringatan HSN PCNU KBB, H. Ujang Jauharudin.

Peringatan HSN juga dimaksudkan untuk meneladankan semangat jihad kepada para santri tentang ke-Indonesia-an yang pernah digelorakan oleh para ulama terdahulu. Demikian kata KH.Hilman Farid sebagai salah satu unsur kepanitiaan yang ditemui disela acara. Hilman menambahkan, aspek lain yang melatar belakangi penetapan HSN ini adalah pengakuan resmi pemerintah Republik Indonesia atas peran besar umat Islam dalam berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta menjaga NKRI. “Ini sekaligus merevisi beberapa catatan sejarah nasional, terutama yang ditulis pada masa Orde Baru, yang hampir tidak pernah menyebut peran ulama dan kaum santri,” katanya.

Hadir dalam acara itu, beberapa pengurus inti PCNU KBB dan pejabat Kemenag. Pengurus PCNU yang hadir rois KH. Aa Maulana dan Ketua Tanfidziyah H. Agus Mulyadi.

SOURCERagam.co
Previous articleMuskercab PCNU Depok, Perkuat Aswaja Annahdliyah di Era Millenial
Next articleIslam yang Bagaimanakah yang Lebih Baik?
LTNNU Jawa Barat adalah salah satu lembaga di bawah naungan PWNU Jawa Barat yang membidangi publikasi, informasi dan komunikasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here