Kader Fatayat NU Garut Ciptakan Aplikasi Absensi dan Kantong Tugas Berbasis Android

309
Nurhayati Fauziah. Foto: M. Salim

Pengurus Cabang Fatayat NU Garut Bidang Dakwah dan Pengembangan Anggota Nurhayati Fauziah Ciptakan Aplikasi Absensi dan Kantong tugas berbasis Android, aplikasi tersebut ia ciptakan mengingat dampak pandemic covid-19 mengharuskan seorang guru memberikan pembelajaran secara daring sehingga membutuhkan aplikasi khusus untuk belajar siswa.

Sebagai Guru Honorer di SDN 1 Haurpanggung Kecamatan Tarogong Kidul Kab. Garut, Teh Fuji sapaan akrabnya menceritakan kepada LTNNU Jabar bahwa dirinya bisa menciptakan Aplikasi tersebut setelah ia mengikuti Pendidikan Guru Penggerak Angkatan Pertama.

Katanya, aplikasi tersebut semata-mata untuk memfasilitasi kebutuhan murid dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh dan blended learning.

Aplikasi absensi dan kantong tugas berbasis android itu, ia buat berdasarkan keluhan para murid karena sering tumpang tindih ketika membuat daftar hadir menggunakan aplikasi perpesanan WhatsApp Grup kelas.

Iapun menemukan ide supaya mempermudah murid dalam mengabsen serta mengumpulkan tugas-tugasnya dengan jalur pribadi serta mudah dicari karena sudah terinstal di handphone-nya masing-masing.

“Aplikasi Absensi dan kantong tugas berbasis android ini dibuat untuk absensi harian dan tempat untuk mengumpulkan tugas hasil belajar murid setiap harinya, dalam 1 aplikasi ini saya siapkan untuk 3 kelas dalam 1 rombongan yakni kelas 6A, 6B dan 6C, ini merupakan aplikasi web dan seluler tanpa memerlukan pengalaman coding untuk memenuhi kebutuhan murid.” Tutur alumni PMII Komisariat STAI Musaddadiyah Angkatan 2007-2010.

Iapun menjelaskan dalam proses membuat aplikasi ini, terlebih dahulu kita harus membuat server data melalui Google Spreadsheet kemudian aktivitasnya disinkronkan ke sumber data yang terhubung menggunakan Appsheet.

Aplikasi Apsheet ini bersifat dinamis dan dapat digunakan di seluruh smartphone murid hanya menginstal dari tautan link yang di share atau dibagikan oleh guru.

Hasilnya tampilan icon akan muncul di layar halaman utama handphone seperti halnya aplikasi WhatsApp, Facebook dan aplikasi lainnya yang terinstal di smartphone.

“Untuk server data, karena aplikasi ini dibuat untuk 1 rombongan belajar yang terdiri dari 3 kelas, maka server data berupa google spreadsheet. Hal ini dapat pula dibagikan kepada wali kelas lainnya, sehingga memudahkan untuk melakukan pengecekan dan mengunduh isi dari tugas-tugas serta kehadiran murid yang terupload dalam aplikasi tersebut setiap harinya.” Tandasnya

Selain aplikasi Absensi dan Kantong Tugas Berbasis Android, Teh Fuji juga membuat beberapa aplikasi pendukung pembelajaran lainnya. Seperti Perpustakaan digital buku paket anak yang berfungdi bagi orng tua siswa agar tidak perlu membeli buku. Cukup buka file pdf yang ringan namunhal tersebut bermanfaat untuk pembelajaran selama satu tahun.

Previous articleMASAGI (Mahasiswa Parigi) Adakan Program GO To School untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini
Next articleBuka Munas-Konbes 2021, Kiai Ma’ruf Bersyukur NU Masih Tetap Utuh
Ditengah kesibukannya sebagai Guru di SMK dan MA Fauzaniyyah, pria yang kuliah di STKIP Garut (IPI) juga pernah nyantri di PP Fauzan dan Al Faizin (Fauzan 4), Ia pun aktif juga sebagai penulis berita pada LTN NU Garut dan Kontributor NU Online.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here