Kata Pagar Nusa tentang Pencak Silat Jadi Warisan Budaya Dunia

71

Keempat, ke depan Pagar Nusa akan lebih mengintensifkan persebaran jaringan dengan melatih generasi muda Indonesia, dari tingkat dasar hingga mahasiswa. Kami telah bekerja sama dengan LP Ma’arif NU, dan ke depan menjalin kerja sama dengan Kemendikbud sebagai bagian dari pembentukan karakter bangsa melalui generasi muda.

“Dengan pembekalan Pencak Silat Pagar Nusa, generasi kita akan kuat dalam fisik, mental dan spiritual, hingga siap dan adaptif dengan revolusi 4.0 dan society 5.0,” jelas Nabil.

Kelima, Pagar Nusa juga meyakini, kemampuan Pencak Silat akan menjadi benteng diri yang efektif dari ideologi-ideologi radikal dan teror. Pencak Silat penting untuk mencegah persebaran ideologi radikal, dan ekstrem.

Mereka yang menguasai kemampuan pencak silat, lanjut Nabil, akan bisa menjaga diri, mengontrol emosi, mengamankan keluarga dan lingkungan, serta mencegah tersebarnya virus radikalisme dan ekstremisme di komunitas masing-masing.

“Di Pagar Nusa, kemampuan ini akan utuh karena mengintegrasikan olah fisik, ketahanan mental, dan kematangan spiritual,” tandas Nabil.

“Pagar Nusa Nahdlatul Ulama selama ini konsisten menjaga keutuhan NKRI dan menyebarkan Islam yang moderat dan damai,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here