The news is by your side.

Ketua LTNNU Kabupaten Bandung Bersama Abah Asep Oman Membidani Lahirnya Kembali Kegiatan Ajengan Masuk Sekolah

Ketua LTNNU Kabupaten Bandung Bersama Abah Asep Oman Membidani Lahirnya Kembali Kegiatan Ajengan Masuk Sekolah | NU Online LTN Nahdlatul Ulama Jawa Barat

Sosok abah Oman merupakan figur dari kiai yang berpandangan moderat dan berasal dari Pangalengan, bersama rekan-rekan dari MUI Pangalengan, PC.DMI Pangalengan, beberapa waktu lalu saat bulan Ramadhan mengagas inisiatif dakwah masuk ke beberapa sekolah yang ada di wilayah kecamatan Pangalengan.

Berkat pemberitaan yang kegiatan di ekspos tersebut, dukungan hadir agar kegiatan ini terus dilanjutkan tak berhenti hanya setelah bulan Ramadhan berakhir.

Ketua LTN NU yang merupakan sahabat Kiai Abah Oman ini menginformasikan, bahwa sudah ada permintaan yang datang padanya, yakni dari perusahaan yang siap mensponsori kegiatan ini, dan cakupan wilayah syiar dakwahnya di perluas ke sekup kabupaten tidak lokal seperti sebelumnya.

Maka di buatlah tim solid yang masuk ke tim Ajengan Masuk Sekolah, untuk mempersiapkan kiprah syiar dakwah ke kalangan pelajar.

Sebagai bukti ke seriusan program Ajengan Masuk Sekolah ini, maka pada hari kamis lalu, tanggal 27/7/2023, bertempat di SMA Negeri 1 Pangalengan, acara perdana Ajengan Masuk Sekolah pun di Lounching di sana, menandai bahwa kegiatan Ajengan Masuk Sakolah ini untuk tahap berikutnya, sudah bisa merayap untuk tour di 30 SMA di 31 Kecamatan lainnya yang ada di kabupaten Bandung.

Bupati Kabupaten Bandung Dr. H. Dadang Supriatna berkesempatan hadir untuk membuka Launching Program Ajengan Masuk Sekolah yang diinisisi dari rintisannya tokoh kiai Pangalengan, KH. Asep Oman ini.

Bupati sengaja datang langsung ke lokasi kegiatan event, “Ajengan Masuk Sekolah,” disela-sela kesibukannya yang sangat padat, untuk menghadiri dan membuka acara Ajengan Masuk Sekolah ini.

Berangkat dari Jakarta menuju Pangalengan, Bupati sempat menghadiri acara Rakorwil II Srikandi PP Prov. Jabar, di Hotel Sutan Raja terlebih dahulu, adapun panitia acara Ajengan Masuk Sekolah terus memantau perjalanan Bupati menuju Pangalengan, sehingga menit demi menit seakan menjadi waktu yang sangat penting bagi mereka yang sudah tak sabar menanti kedatangan Bupati ini.

Pembukaan sambutan di isi oleh penyampaian kepala sekolah SMA 1 Pangalengan, yang mengucapkan rasa syukur atas di adakannya program acara ini di SMA Negeri 1 yang ia pimpin.

Acara Ajengan Masuk sekolah di isi oleh tusiah dari ketua MUI kec. Pangalengan KH. Anshor Hamid Asy’ari, ketua MWCNU kecamatan Pangalengan KH. K Anwar Nushoh Adzkary. S.Pd.I dan selanjutnya di isi dengan materi terkait akibat dari pernikahan dini, yang dibawakan oleh Bd. Shifa Thiari S.Tr.keb.

Hadir pada acara Ajengan Masuk Sekolah ini, diantaranya, Kadisdik kabupaten Bandung, Asisten pemerintahan dan kesra, Camat Pangalengan, Wakil dari Kandepag Kabupaten Bandung, MUI Pangalengan, Sejen NU imron Rosyadi, ketua LTNNU Kabupaten Bandung, ketua MWCNU Pangalengan, Danramil Pangalengan, Polres Pangalengan, ketua PC. DMI Pangalengan, tokoh masyarakat Pangalengan Hj. Ibu Imas Rosita, Kepala sekolah PGRI Pangalengan, Kades Margamulya.

Dalam kesempatan penyampaian sambutannya, Bapak Bupati mengulas masalah Budi pekerti, ahlaqul Karimah yang mesti di miliki para siswa SMA 1 Pangalengan dan semua siswa-siswa lainnya.

Utamanya hormat kepada kedua orang tua, karena atas doanya dan ridhonya orang tua, semua jalan menuju tercapainya cita-cita, akan terwujud. Dalam hal ini, Bapak Bupati mencontohkan dirinya, yang saat orangtuanya masih hidup, ibunya pernah mendoakan bahwa suatu saat nanti, dirinya akan menjadi Bupati Kabupaten Bandung, “itulah kekuatan dari adanya do’a orang tua.” Ujarnya.

Pergerakan program Bupati Masuk Sekolah, sangat diapresiasi oleh Bupati, karena ini memberi pembekalan positif pada siswa, dan sebagai bentuk apresiasi tersebut, Bupati kabupaten Bandung, siap mengikuti Program Ajengan Masuk Sekolah di setiap sekolah yang akan di kunjungi para Ajengan ini, ” saya siap mengikuti kegiatan ajengan masuk sekolah ini, di semua SMA yang ada di Kabupaten Bandung !” serunya yang disambut tepuk tangan para hadirin yang hadir.

Sesi terakhir dari keberadaan Bupati di sekolah SMA Negeri 1 Pangalengan, sebelum menuju lokasi giat lainnya, adalah meresmikan acara Program Ajengan Masuk Sekolah ini, dengan menandainya lewat pemukulan gong, dan di akhiri dengan penyerahan Cendramata dari Sekolah SMA Negeri 1 Pangalengan, dan juga Cendramata dari Telkom University yang diterma Bapak Bupati Kabupaten Bandung.

Kiai Asep Oman sebagai pengagas acara program Ajengan Masuk Sekolah ini, merasa bangga bisa berkalaborasi dengan SMA 1 Pangalengan dalam berkegiatan, “terimakasih kepada bapak Kepala Sekolah SMA 1 Pangalengan, dan insyaallah acara seperti ini akan berlanjut di semua SMA yang ada di kabupaten Bandung, seperti tadi Bapak Bupati tegaskan, beliaunya menyambut baik program acara ini, malah siap ikut bersama para ajengan, untuk roadshow di semua SMA yang Ajengan akan datangi.” Papar asep oman, yang terkenal dengan sebuatan abah Oman ini.

Acara selanjutnya, setelah sesi jeda, isoma, kegiatan di lanjutkan kembali dengan menampilkan berbagai macam kreasi seni dari siswa SMA 1 Pangalengan tersebut, mulai dari pertunjukan seni Hadroh, pertunjukan wayang oleh Dalang Cilik, dari kelas 12 IPS 2, yang dikenal dengan sebutan Iqbal Dalang.

Pertunjukan lainnya oleh siswa yang membawakan tari Zafin, Pencaksilat, pidato Bahasa Arab, dan terakhir acara fashion show yang di bawakan oleh 3 siswa laki-laki, dan 7 siswi perempuan yang menggunakan desain baju dari Rabbani sebagai sponsornya, dan Poldan Mig yang mensupport acara ini.

Pada pertemuan selanjutnya, ketua LTN NU yang juga sebagai Ketua Harian di AMS, Alhamdulillah bisa berbincang dengan Bapak Bupati Kabupaten Bandung, yang di saksikan pengurus LTN NU yang juga pengurus Ajengan Masuk Sekolah, Aep S Abdulah sebagai Bidang media dan Informasinya AMS.

Perbincangan pada malam hari setelah acara siangnya, sangat spesial sekali, berbincang santai dengan Bupati Bandung Dr. H. Dadang Supriatna tersebut membuahkan komitmen support dari Bapak Bupati.

Sambil berbincang santai di teras masjid Rumah Dinas Bupati, Bapak Bupati sangat antusias pada program pelatihan jurnalistik dan penulisan yang di laksanakan oleh LTNNU kabupaten Bandung, Bapak Bupati juga merasa perlu LTNNU untuk terus berkontribusi memberikan pelatihan Jurnalistik dan Penulisan itu kepada seluruh elemen generasi muda, maupun tua yang meminati bidang ini.

“Saya kira LTN NU harus terus bergerak memberikan pelatihan jurnalistik dan penulisan, karena ini penting bagi siapapun untuk menguasai kemampuan menulis.” tutur Bupati memberikan arahannya.

Kemudian pada Program Ajengan Masuk Sekolah, rasa antusias Bapak Bupati Kabupaten Bandung sangat tinggi sekali, dan mengatakan ucapan rasa terimakasih dan apresiasi pada keberhasilan pelaksanaan acara tersebut, yang Bapak Bupati anggap sangat sukses.

Dr. H Dadang Supriatna sebagai Bupati Kabupaten Bandung, sangat mendukung hal positif, tentunya hal-hal positif dan konstruktif ia akan dukung, dan sebagai bentuk support dukungannya untuk program Ajengan Masuk Sekolah ini, Bupati berucap,” Hatur nuhun sae Pa Bambang acara tadi siang teh, mangga lengkapi kepengurusannya, legalitasnya, itu sebagai persyaratan…nanti akan di bantu dana dari CSR oleh Bupati.” Jelas Bapak Bupati yang lontaran pembicaraannya sangat mengagetkan ketua harian AMS, juga ketua LTN NU tersebut.

Pewarta Bambang Melga Suprayogi M.Sn

Leave A Reply

Your email address will not be published.