The news is by your side.

Lembaga Pendidikan Ma’arif Kab. Bandung Memberikan Pembekalan In House Training Kepara Guru SMP Al Mashoolih Katapang

Lembaga Pendidikan Ma'arif Kab. Bandung Memberikan Pembekalan In House Training Kepara Guru SMP Al Mashoolih Katapang | NU Online LTN Nahdlatul Ulama Jawa Barat

Jumat, 28/7/2023 LP Ma’arif melakukan pelatihan IHT untuk para pendidik di SMP Al-Mashoolih yang di ikuti oleh 35 staf pengajarnya.

Asep Setiawan S.Pd.I selaku ketua yayasan PP Nuril Bahri Al-Mashoolih, mengungkapkan, “bahwa pelatihan yang diberikan pada para guru tersebut merupakan salah satu bentuk membangun kecakapan soft skill di bidang pengajaran nantinya.” Tuturnya.

Ketua Ma’arif Rdn. Aden mengatakan,”Bahwa satuan Pendidikan yang ada dalam setiap jenjangnya, akan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, dan pelatihan ini perlu agar semua pendidik faham akan hal ini.” Tuturnya saat memberi sambutan membuka acara pelatihan tersebut.

Nana Supriatna sebagai pemateri dalam pelatihan IHT ini, sekaligus wakil ketua lembaga Ma’arif mengatakan, ” ada tiga karakteristik pada kurikulum merdeka, diantaranya, pertama penyederhanaan konten, fokus pada materi esensial, kedua pembelajaran berbasis projects yang kalaboratif, aplikatif, yang di muat dalam 5P, projects penguatan profil elajar Pancasila, ke tiga rumusan capaian pembelajaran dan pengaturan jam belajar yang memberi fleksibilitas untuk merancang kurikulum operasional dan pembelajaran sesuai tingkat kemampuan peserta didik.” Tutur Nana Supriatna memaparkan penjelasannya.

Pelatihan IHT ini pun diaplikasikan oleh pada para guru dengan memberikan mereka kesempatan untuk mengungkapkan kelebihan dari adanya kurikulum merdeka yang mereka dapatkan di pelatihan IHT ini, persoalan pada penyederhanaan konten, fokus pada materi esensial, telah membuka cara memanfaatkan materi ajar yang sederhana, sehingga bisa dipakai dan bisa memudahkan para siswa siswanya memahamin apa yang di sampaikan nanti saat proses pembelajaran.

Pewarta Bambang Melga Suprayogi

Leave A Reply

Your email address will not be published.