Khutbah Damai Pro Palestina Bersama Pergunu Depok

37
Khutbah Damai Pro Palestina Bersama Pergunu Depok
Ustadz Abdul Mun’im Hasan, S.Pd.I menyampaikan Khutbah Jumat di Masjid Al Muhajirin Kota Depok

Jumat kedua di Bulan Syawal 1439 H bertepatan dengan (22/6), pada hari yang penuh berkah ini salah satu pengurus Persatuan Guru Nahdlatul Ulama Pergunu PCNU Kota Depok Ustadz Abdul Mun’im Hasan mendapat kepercayaan dari Ustadz Nguzer Muhammad Fajri ( Ketua Divisi Dakwah Masjid Al Muhajirin ) dan kesempatan bersilaturahim dengan Ketua DKM Masjid Al Muhajirin, Drs. H. Didin M. Mahfudz hingga dapat menyampaikan khutbah jumat di hadapan kaum muslimin, warga Nahdliyin tepatnya di Masjid Al Muhajirin, Kompleks Pancoran Mas Permai, Mampang, Kota Depok Jawa Barat.

Ustadz yang akrab disapa dengan sebutan Kang Mun’im selain sebagai pengurus Pergunu juga aktif dakwah dan mengajar di Pesantren Al Hamidiyah Kota Depok. Dalam khutbah Jumat Ramahnya menyampaikan tema penting terkait ketakwaan dan keharusan mencontoh Alim Ulama Nusantara yang sejak dahulu berjuang mencerdaskan dan menyelamatkan bangsa Indonesia dan Dunia. “ Kita harus mengingat sepakterjang para Ulama, diantaranya pada sosok Hadratussyeikh KH Hasyim Asy’ari, beliau sukses, berjuang mengamalkan Ajaran Allah SWT yang tertulis di dalam ayat-ayat ayat suci Al Quran Hanya demi meraih Ridha Allah SWT dan, lalu mengamalkannya sesuai yang telah dipraktikkan oleh Rasul Saw. Itu contoh real insan bertakwa, kita insan alumnus Ramadhan harus mencontohnya ” Ucap Kang Mun’im.

Beliau melanjutkan khutbahnya dengan menyebutkan beberapa ayat suci Al Qu’ran, Wa maa arsalnaaka Illa rahmatan Lil Alamin. Artinya Dan tiada Kami mengutus kamu ( Wahai Rasulullah Saw) kecuali sebagai Rahmat bagi seluruh Alam.” ( QS. Ambiya: 107). “Rasul Saw merupakan insan sempurna yang bertakwa dan berakhlak, beliau membumikan nilai-nilai akhlaqiyah Al Qur’an. Jangan heran menghadapi lawannya pun dengan akhlak dan tabassum, akhlak nampak dalam senyuman dan doanya. Pantaslah beliau disebut sebagai Rahmat tidak hanya bagi muslimin tapi bagi seluruh Alam dan Makhluknya.” Lugas Kang Mun’im.

Pada kesempatan yang sama, Kang Mun’im memaparkan bahwa seorang insan bertakwa hendaknya mengetahui beragam problematika muslimin Indonesia dan dunia, seperti merasakan kepedihan yang terjadi di Palestina. Sebagaimana diberitakan Warga Gaza, Palestina selalu diteror dan dibantai oleh Penjajah Zionis Israel. Rasul bersabda, “ Al Muslimu Akhul Muslim.” Artinya Muslim dengan muslim lainnya adalah bersaudara. “ Kita semua bersaudara, kita harus amalkan sikap persaudaraan, sebagaimana para Masayeikh tanamkan Ukhuwah Wathaniyah, Ukhuwah Islamiyah dan Ukhuwah Basyariyah. Kiai kita semua berjuang membela hak- hak kaum yang terzalimi, termasuk terhadap Bangsa Palestina dengan berbagai cara, dengan pikiran tenaga dan doa. Insan bertakwa pasti memiliki empati sensitif karena Faham dan Mengamalkan Trilogi Ukhuwah.” Tegas Kang Mun’im

Diakhir khutbahnya Kang Mun’im berpesan bahwa takwa akan menyatu dengan jiwa setiap insan hanya dengan mengikuti Ajaran Al Qur’an dan Sunnah, dan keduanya dapat difahami secara benar ketika kita membersihkan jiwa melakukan jihadunafs sesuai bimbingan dari Alim Ulama Nusantara sebagaimana Mereka dahulu memahaminya dari lika-liku Para Sahabat dan Keluarga Rasul yang tercatat rapih dalam berjilid-jilid kitab sejarah. “ Mari kita tingkatkan ketakwaan pada Allah swt dengan berjuang, mengkaji dan berkhidmat pada Alim Ulama dan mencerdaskan umat.” Papar Kang Mun’im seraya melengkapinya dengan doa penuh haru bagi kesuksesan dan kemakmuran muslimin dan bangsa Indonesia.

Khutbah Damai Pro Palestina Bersama Pergunu Depok
Ustadz Abdul Mun’im Hasan, S.Pd.I bersama WaSek LTM PCNU Kab Bogor, H. Abdul Hadi Hasan, Lc dan Ketua DKM Masjid Al Muhajirin Drs. H. Didin M. Mahfudz serta Jajaran Pengurus lainnya.

Perlu diketahui DKM Masjid Al Muhajirin melalui Divisi Dakwahnya, Ust. Nguzer Muhammad Fajri menjelaskan bahwa Masjid tersebut senantiasa bergerak dengan mengaktifkan para pendakwah ramah dan damai, juga menghadirkan pemateri berkompeten dalam Kajian Subuh Mingguannya, diantara yang aktif secara rutin adalah
1. Prof. Dr. KH Ahmad Dimyathi Badruzzaman, M.A
2. KH. Zen Rafiq
3. Prof. Dr. Usep Ismail, M.A
4. KH. MD. Sirajjudin. Dll

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here