Kiai Harus Berdakwah di Media Sosial
Jakarta, NU Online – Era digital saat ini memaksa berbagai hal bertransformasi dalam bentuk digital seiring terus berkembangnya teknologi. Tak terkecuali informasi yang semakin berkembang melalui sarana media sosial. Hal itu menimbulkan arus gelombang informasi yang sedemikian besarnya. Wacana keagamaan pun berkembang di sana.
Melihat fenomena yang demikian, kiai harus tampil di tengah-tengah arus besar tersebut untuk menunjukkan wacana Islam yang paling representatif di tengah serbuan arus wacana agama yang cenderung radikal dan intoleran.
“Para kiai dan para ulama itu harus ikut terlibat di dalam kontestasi di media. Jangan sampai media itu ditinggalkan oleh para kiai,” kata Mamat S Burhanuddin, Kepala Subdirektorat Akademik, Direktorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, Kementerian Agama, saat Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) 2019 di Hotel Mercure Batavia, Jakarta, Kamis (3/10) malam.
Mereka, katanya, harus ikut terlibat di wadah tukar kabar tersebut guna berkontestasi dan berkompetisi dalam menyampaikan pemahaman keagamaan yang representatif. Pasalnya, lanjut Mamat, Islam yang representatif menjadi sebuah pertentangan di dunia maya itu.
“Islam yang seperti apa sih yang representatif di dunia ini adalah sebuah pertentangan,” katanya.
Buku lain :