LDNU KOTA DEPOK ADAKAN PENGKADERAN DAI SECARA ONLINE

72
LDNU KOTA DEPOK ADAKAN PENGKADERAN DAI SECARA ONLINE

Fakhrurrozi, Depok – Covid-19 tidak menyurutkan LDNU Kota Depok untuk tetap melaksanakan program kerja yang telah ditetapkan. Pelatihan Kader Dai digelar LDNU Kota Depok secara online.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari yaitu Sabtu 31 Okt 2020, Minggu 1 Nov 2020 dan Sabtu 7 Nov 2020. Jeda selama 1 minggu digunakan bagi peserta untuk mengerjakan tugas berapa penguatan video khutbah singkat.
Peserta cukup antusias dalam mengikuti kegiatan ini.

Selama 3x webinar melalui Zoom, kehadiran peserta hampir 90%. Selain itu, para peserta juga aktif bertanya baik lewat Zoom ataupun WA Group. Kegiatan kali ini diikuti oleh 37 peserta dari Jabodebek dan luar Jabodebek.
Hari pertama pelatihan diisi oleh KHM. Abdul Mujib (Wakil Rois Syuriah PCNU Depok). Beliau menjelaskan secara detail tentang Fiqh Khutbah.

Iklan Layanan Masyarakat

Materi ini dipilih karena terkait dengan tugas yang akan diberikan kepada peserta. Selain itu KH. Syihabudin Ahmad selaku Rais Syuriah PCNU Depok juga memberikan sambutan sekaligus arahan kepada para peserta. “Acara ini penting bagi para dai untuk mengembangkan dakwah rahmatan lil alamin”, demikian salah satu arahan Kyai Syihabudin.

Pelatihan hari kedua, peserta semakin antusias mendengar paparan materi tentang Aswaja an Nahdhiyah yang dibacakan oleh KH. Fatkhuri Wahmad selaku Rois Idaroh Syu’biyyah Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyyah (JATMAN) Kota Depok. Dalam kesempatan berbicara Ia menyampaikan 4 prinsip dasar NU yang harus diketahui para Dai muda.

Kyai Fatkhuri menekankan kepada peserta pelatihan harus memahami 4 pilar pedoman warga Nahdliyah antara lain Tawasuth sikap yang moderat tidak radikal dan liberal. Tasamuh atau toleransi. Tawazun yaitu seimbang dan I’tidal atau proporsional.

Setelah pertemuan kedua, peserta diberi waktu 1 minggu untuk membuat video khutbah Jumat, singkat sesuai materi di hari pertama.

Walaupun hadiah yang didasarkan tidak besar, namun peserta sangat serius dalam membuat video singkat tersebut.

Materi yang disampaikan di hari terakhir pelatihan membuat peserta lebih bersemangat. Selain disampaikan dengan rinci oleh Ust. Ahmad Solechan selaku Ketua Tanfidziah PCNU Kota Depok, materi yang disajikan cukup menarik yaitu tentang Peta Gerakan Dakwah. Peserta banyak yang bertanya dengan semangat.

Pelatihan Kader Dai kali ini menghasilkan 3 peserta terbaik yaitu Ust. Ibrohim sebagai juara 1 dari Bojonggede Bogor. Ust. Ahmad Riyadhi juara 2 dari Depok dan Ust. Imam Nafi juara 3 dari Depok.

LDNU KOTA DEPOK ADAKAN PENGKADERAN DAI SECARA ONLINE

Ust. Singgih (Ki Kelana) selaku Wakil Ketua LDNU Depok menyampaikan,”Nantinya peserta Pelatihan ini akan ditugaskan LDNU untuk mengisi khutbah Jumat atau kajian-kajian di masjid, instansi atau perusahaa khususnya yang di Depok”. Ki Kelana juga menambahkan bahwa ke depan akan diadakan pelatihan dai kembali terutama yang berkaitan dengan dakwah di era millenial.

Kontributor : Fakhrurrozi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here