Maarif Siap Cetak Siswa Religius Nasionalis

23

Maja – Dalam menjawab tantangan zaman, Lembaga Pendidikan Maarif Cikedung Maja meluluskan siswa-siswi yang siap tampil di masyarakat dengan dibekali nilai religius yang tinggi dan rasa nasionalis cinta terhadap bangsa Indonesia. Hal ini sebagai mana dikemukanan oleh Ketua Yayasan Pondok Pesantren Darul Maarif Cikedung Maja Drs. H. Trisnogono, MM dalam sambutan acara Pelepasan dan Kenaikan kelas Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Maarif, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Maarif dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Darul Maarif di Kompleks Yayasan Ponpes Darul Maarif Cikedung Desa Maja Utara Kecamatan Maja, (Selasa, 25/6).

Ia pun mengatakan bahwa setiap tahunnya lembaga Maarif Maja meluluskan ratusan siswa yang siap berkiprah baik dalam melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi maupun ke dunia kerja. “Mungkin karena ada dalam lingkungan pondok pesantren, selama ini siswa yang lulus dari sini dapat diterima ditengah-tengah masyarakat. Alhamdulillah, mungkin ini yang namanya barokah”, katanya dihadapan ribuan undangan yang hadir.

Bahkan Pria yang menjabat juga di kepengurusan NU Majalengka ini mengajak kepada semua pihak khususnya para orang tua yang punya anak usia sekolah untuk tidak segan-segan menitipkan anaknya di Yayasan Darul Maarif untuk dididik ilmu-ilmu agama maupun umum yang proses pendidikannya diawasi dan dibimbing penuh oleh para guru maupun ustadz hampir dua puluu empat jam. “Untuk semua pihak terlebih para orang tua, agar anak-anak terhindar dari pergaulan yang tidak baik dan terpengaruhi ajaran-ajaran menyimpang khususnya sikap radikalisme baik dalam beragama maupun bersosialisasi, silahkan titipkan kepada kami. Insya Allah dengan pengawasab ketat dan proses pendidikan yang berlangsung dilingkungan pondok pesantren akan memberikan kualitas yang baik”, ajaknya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia Acara Pelepasan dan Perpisahan Siswa Yayasan Darul Maarif Cikedung Maja, Endin Muhtadin, M.Ag mengatakan acara yang rutin dilaksanakan dilembaganya merupakan bentuk tanggungjawab lembaga setelah selama pergantian tahun ajaran memasrahkan kembali amanat dalam mendidik anak kepada orang tuanya setelah selesai melalui proses pendidikan. “Pelepasan Siswa ini merupakan bentuk penyerahan amanat dari kami kepada orang tua dalam mendidik anak selanjutnya, setelah mereka selesai menjalankan pendidikan dil lembaga ini”, katanya.

Bahkan ia mengungkapkan juga bahwa selama proses pendidikan dapat dilihat salah satu hasilnya dalam penampilan-penampilan baik kreasi seni, Ilmu pengetahuan maupun agama siswa dalam acara pelepasan dan kenaikan siswa. “Melalui acara ini pula dapat dilihat salah satu dari sekian banyak hasil pendidikan dilembaga ini melalui penampilan-penampilan siswa”, ungkapnya.

Menutup sambutannya, Pria yang merupakan kandidat Doktor ini berharap agar acara yang dilaksanakannya ini dapat bernilai positif baik bagi orang tua maupun para siswa dalam memandang dunia pendidikan yang ada di bawah naungan pondok pesantren. “Sudah saatnya kita memberikan apresiasi dan nilai lebih kepada lembaga-lembaga pendidikan yang ada dibawah naungan pondok pesantren. Melalui kegiatan ini bisa kita saksikan ternyata para siswa yang mengenyam pendidikan di pondok pesantren selain terampil beragama juga siap tampil ditengah-tengah masyarakat dengan berbagai keahliannya”, harapnya.

Tampak dalam acara hadirin yang terkagum-kagum menyaksikan berbagai kreasi seni, keterampilan dan ilmu pengetahuan yang ditampilkan oleh siswa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here