The news is by your side.

Mahasiswa KKN STAI Baitul Arqom Membantu Pelaksanaan Gelar Karya di SMPN 04 Pangalengan

Mahasiswa KKN STAI Baitul Arqom Membantu Pelaksanaan Gelar Karya di SMPN 04 Pangalengan | NU Online LTN Nahdlatul Ulama Jawa Barat

Alya Nefrita Silmy – SMPN 04 Pangalengan beralamatkan di Jl. Babakankiara Margamekar, Kelurahan Margamekar, Kecamatan Pangalengan.

Sejarah awalnya, didirikan sekolah satu atap SDN, SMPN 04 Pangalengan, yang mana pada saat itu awalnya berbentuk lapangan sepakbola, berubah menjadi Pemerintahan dinas.

Pada saat pembangungannya, sempat terjadi konflik antar warga, baik yang pro pembangunan SMP ini, maupun pihak yang kontra, tidak setuju dengan pendirian sekolah ini. Namun pada akhirnya ketidaksepahaman ini, bisa diselesaikan dengan baik.

SMPN 04 Pangalengan didirikan tahun 2006 dan mendapat akreditasi tahun 2022 yaitu A.

Adapun eskul didalamnya yaitu : Paskibra, Pramuka, PMI, UKS, SBDP, Olahraga dan ada satu program unggulan yaitu Sapu (Sakola Apal Pupuh) di gabungkan jadi SASAPU (SATU SAKOLA APAL PUPUH)

Di SMPN 04 Pangalengan kita mengadakan Gelar Karya dalam Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) dimana semua yang di pamerkan adalah hasil karya siswa SMPN 04 Pangalengan.

Gelar Karya ini dilaksanakan di ruang kelas, teras kelas dan lapangan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 29 Februari 2024 kegiatan ini berkolaborasi dengan KKN Desa Margamekar, selama seminggu kita mensosialisasikan P5 Kesetiap kelas melalui materi materi P5 dan Bhineka Tunggal Ika.

Tempat Pameran atau Stand di jaga oleh beberapa siswa yang di tugasi oleh guru. siswa menjaga stand dan menjelaskan proses pembuatannya kepada orangtua siswa yang mendatangi stand.

Kegiatan ini sangat mencolok karena nuansa Desa Margamekar sangat kental akan Namanya Budaya Setempat.

Seperti apa yang di sampaikan Kepala Sekolah SMPN 04 Pangalengan, “Gelar Karya ini yang bapa inginkan disekolah kita, karena perhari ini Masyarakat sudah lupa akan Namanya budaya mereka lebih sibuk dengan beradaptasi dengan lingkungan Zaman.”

” Dengan Gelar Karya ini Kami memberikan apresiasi terhadap siswa dalam usaha dan karyanya dalam satu semester. Dan dalam rangka melaksanakan pembelajaran P5 dalam pembelajaran kurikulum merdeka.” Ungkapnya.

Dari perwakilan Mahasiswa Muhammad Irfan turut menyampaikan sambutannya, “Terima kasih semuanya, atas apa yang kami dapatkan disini yang sangat bermanfaat.”

” Semoga penanaman nilai budaya menjadi penguat akan rasa nasionalisme Ini juga, menjadi kegiatan penutup kita di SMP 04 Pangalengan,” tuturnya.

“See You Next untuk kegiatan selanjutnya.”
Pungkas Muhammad Irfan.

Narasumber : Bapak Juanda (KEPSEK SMPN 04 Pangalengan)
Penulis : Alya Nefrita Silmy

Leave A Reply

Your email address will not be published.