The news is by your side.

Mahasiswa KKN 2024 STAI Baitul Arqom Adakan Kegiatan Mencegah Kekerasan, Hoax dan Penyuluhan Bimbingan Anak

Mahasiswa KKN 2024 STAI Baitul Arqom Adakan Kegiatan Mencegah Kekerasan, Hoax dan Penyuluhan Bimbingan Anak | NU Online LTN Nahdlatul Ulama Jawa Barat

 

Bandung-13 Maret 2024- Mahasiswa KKN 2024 STAI Baitul Arqom mengadakan kegiatan Mencegah Kekerasan, Hoax dan Penyuluhan Bimbingan anak. Kegiatan ini berkolaborasi langsung dengan KAPOLSEK Kec. Pangalengan dengan sasaran masyarakat. Dalam hal ini, penulis mengingat kesetiap aspek pemuda, masyarakat dan yang lsinnya mengingat bahwa peran keluarga dilingkungan masyarakat sangat mempunyai peran pital dalam edukasi dan perlindungan terhadap anak.

Pemateri sekaligus Bapak Kapolsek Pangalengan Akp. Edi Batara Pramana menjelaskan ada 3 hal keresahan dimasyarakat saat ini yaitu Pencurian Motor, Media dan Obat-obat terlarang.

Setelah sesi pemaparan materi berakhir, masuklah kesesi tanya jawab antara masyarakat dan kapolsek. Disana terjadilah dialog interaktif antara tokoh dan kapolsek sebagai berikut.

1. Dikarenakan di Kp. Mekarbakti belum ada siskamling jadi untuk pencurian motor masih terjadi bagaimana solusinya ?

Jawab : untuk itu, bapak dan para tokoh bisa berkolaborasi saat ini dengan pihak kepolisian untuk mengatasi pencurian motor kalaupun ada yang harus dibutuhkan dari kami bisa langsung datang ke kantor kepolisian. Adapun tindak lanjutnya bapak bisa membagi setiap masyarakat mengadakan Pos Ronda untuk mengatasi hal tersebut

2. Di Kp. Mekarbakti ini banyak sekali yang menggunakan Obat-Obat terlarang termasuk tingkat SDN, SMP, SMA dan Pemuda. Nah bagaimana solusinya untuk hal ini?

Jawab : Kami akan memberikan penyuluhan kepada segala aspek dengan mengadakan blusukan keberbagai tempst yang belum kami kenal. Jujur ini baru pertama saya datang kesini beruntung ada Mahasiswa STAI Baitul Arqom yang KKN Di sini dan memperkenalkan Masyarakat disini kepada saya. Kedepannya kita bisa berkerja sama berkolaborasi menjaga daerah ini.

Dengan demikian, kegiatan seminar ini tidak hanya memberikan kesadaran tetapi mendorong masyarakat agar menjaga anak-anak dari bahaya generasi zaman sekarang.

Kegiatan tersebut dinarengi dengan donasi Quran dari Mahasiswa STAI Baitul Arqom untuk masjid Darussalam.

Penulis : Muhamad Irpan, Alya Nefrita Silmy
DPl : Dr. Ajat Rukajat M. M. Pd

Leave A Reply

Your email address will not be published.