Melestarikan Budaya, Ranting GP Ansor Cicarimanah bersama Masyarakat Gelar Ngaruat Jagat

17
Melestarikan Budaya, Ranting GP Ansor Cicarimanah bersama Masyarakat Gelar Ngaruat Jagat

Sumedang – “Sebagai warga masyarakat Desa Cicarimanah, kita harus menjaga budaya yang sudah lama di bangun oleh para leluhur, kita tetap lestarikan dan perkenalkan kepada generasi muda”.

Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Cicarimanah, Dudung Rumana, dalam membuka kegiatan ngeruat jagat di Desa Cicarimanah Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang Jawa Barat, Kamis (29/10/2020).

Budaya simbol dari peninggalan leluhur yang harus kita jaga, lanjut Dudung. Saya berpesan kepada pemuda-pemuda Desa Cicarimanah terutama kepada Pengurus dan kader Pimpinan Ranting Gerakan Pemuda Ansor Desa Cicarimanah harus melestarikan dan mengembangkan budaya ngaruat jagad.

Iklan Layanan Masyarakat

Ngaruat Jagat di selenggarakan satu tahun sekali di bulan mulud (robi’ul awal), kata Dudung. Hanya dalam ngaruat jagat tahun ini ada kebiasaan yang berbeda dari biasanya. Ngaruat jagat kali ini diawali oleh penampilan Hadroh Majelis Dzikir dan Sholawat (MDS) Rijalul Ansor Cicarimanah.

Sementara Ketua Pimpinan Ranting GP Ansor Desa Cicarimanah, Dede Atik, mengatakan,

“Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari barbagai unsur, termasuk sistem agama dan adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni”.

Dede mengajak kepada kader-kader GP Ansor untuk merangkul masyarakat serta pemuda-pemuda untuk merawat dan mengembangkan budaya.

Dalam kegiatan ngaruat jagat ini, Pemerintah Desa dan Masyarakat Desa Cicarimanah mempercayakan untuk mengurus sesuatunya kepada GP Ansor. Oleh karenanya Dede mengatakan banyak-banyak terimakasih atas kepercayaan tersebut.

Melestarikan Budaya, Ranting GP Ansor Cicarimanah bersama Masyarakat Gelar Ngaruat Jagat

“Terima kasih kepada warga masyarakat Desa Cicarimanah telah mempercayai Pengurus PR GP Ansor untuk jadi panitia Ngaruat Jagat tahun ini, semoga semuanya tambah berkah”, pungkas Dede. (Agus/Ayi Abdul Kohar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here