Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Indramayu gelar kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Santri Nasional (HSN) 2020.

44

Mas Bram, Indramayu – Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Indramayu gelar kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Santri Nasional (HSN) 2020.

Peringatan Hari Santri Nasional yang kemudian disingkat menjadi HSN merupakan tonggak awal mengenang sejarah sekaligus jasa yang telah diberikan oleh para pendahulu kita. Hari santri Nasional diperingati pada setiap tanggal 22 Oktober, dimana ini merupakan hasil keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015.

Dalam perjalanannya jika dilihat dari awal keputusan oleh Presiden peringatan Hari Santri Nasional sudah berjalan Selama 6 kali yang diperingati setiap setahun sekali pada tanggal 22 oktober 2020. Jika dilihat dari berbagai kelangsungan perayaan yang dilakukan Hari Santri Nasional ini sangat mendapatkan penyambutan yang sangat baik dari para masyarakat. Dimana semua elemen masyarakat ikut andil dalam memeriahkannya. Bukan hanya santri yang kemudian tinggal disebuah pondok pesantren saja.

Iklan Layanan Masyarakat

Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) dalam memeriahkan Hari Santri Nasional ini mengadakan Lomba, yaitu Lomba Cover Shalawat An-Nahdliyah dan Lomba Artikel dengan mengambil Tema “Peran Santri Putri dalam memajukan Indonesia”.
Rekanita Sarniti selaku ketua Pelaksana Lomba HSN mengungkapkan “ selain lomba Cover Shalawat yang bertujuan untuk memperkenalkan Shalwat An-Nahdliyah kepada seluruh pelajar-pelajar NU, IPPNU kabupaten Indramyu juga mengadakan Lomba Artikel dengan garis besar temanya adalah Perempuan” .

Tema Artikel yang diambil ini pula merupakan ikhtiar agar Pelajar-pelajar perempuan bisa menyadari bahwa menjadi perempuan bukan hanya diam sekaligus menjadi ikhtiar agar pelajar-pelajar perempuan tau bahwa dirinya bisa berperan aktif untuk kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Rekanita Mariya Ulfah selaku Ketua PC IPPNU Indramayu mengungkapkan “Kita sebagai Pelajar Putri NU sudah seharusnya bisa memeriahkan HSN tersebut, karena bagaimanapun juga sebagai Pelajar Putri NU yang kemudian meyakini dengan apa yang telah diucapkan oleh KH.Hasyim Asyari bahwa ‘siapapun yang mau mengurusi NU maka saya anggap sebagai santriku’ dari situ kemudian bagaimana sebagai Pelajar Putri NU bisa menghargai lebel santri yang telah diberikan oleh Mbah Hasyim, yaitu salah satu ikhtiarnya dengan ikut andil dalam memeriahkan HSN pada 2020 ini”

Kegiatan Lomba HSN ini diikuti oleh Pelajar – Pelajar Putri Nu diseluruh Indramayu yang dikirimkan langsung oelh masing-masing PAC/PK/PKPT untuk mewakili Pimpinannya masing-masing.

“selain sebagai bentuk penghormatan atas lebel santri, Lomba ini juga bertujuan untuk membangun kreatifitas para pelajar Putri NU indramayu dan juga melatih para pelajar NU Indramayu agar mampu menulis baik itu Jurnal, Artikel dan atau Cerpen sekaligus” ungkap Ketua Mariya Ulfah Selaku Ketuaa PC IPPNU Indrmayu.

Lomba HSN 2020 dilaksanakan pada tanggal 16 oktober sampai 20 Oktober 2020 sebagai Tahap pertama yaitu pendaftaran peserta lomba. Tahap kedua pada tanggal 20-23 Oktober 2020 sebagai tahap pengiriman Karya, dan tahap terakhir pada tanggal 25 Oktober 2020 Sebagai tahap puncak yaitu pengumuman pemenang.

Adapun pemenang lomba cover shalawat dimenangkan oleh, 1.) PAC IPPNU Patrol 2.) PAC IPPNU Karangampel 3.) PAC IPPNU Cantigi. Untuk pemenang lomba Artikel dimenangkan oleh 1.) PKPT IPPNU Unwir 2.) PAC IPPNU Sliyeg 3.) PAC IPPNU Krangkeng.

Penulis
Mas Bram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here