Menjaga dan Melestarikan Lingkungan Hidup

10

Bandung – Ikatan Remaja Masjid (IRMA) Kota Bandung melaksanakan Pengajian Bulanan Setiap Ahad Ke-3 yang bertempat di Kantor PWNU Jawa Barat, Ahad (19/1).

Prof. Dr. KH. Moh. Najib, M.Ag Guru Besar Ilmu Hadits UIN Bandung dalam tausiyahnya menjelaskan bahwa kita wajib menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Jangan sebaliknya alam dan lingkungan malah menjadi kerusakan bagi manusia karena tidak mau memeliharanya dan bahkan salah mengelolanya.

“Al-Qur’an banyak mengungkapkan ayat-ayat tentang posisi strategis dari seluruh bagian alam semesta seperti tentang bumi, pepohonan, air dan lainnya. Diantara komponen lingkungan yang paling mendasar dan sangat vital adalah air” jelasnya

Lebih lanjut, Al-Qur’an banyak mengungkapkan posisi strategis air dan fungsinya dalam tata kehidupan alam, manusia dan lingkungannya. Beberapa ayat Al-Qur’an menjelaskan bahwa alam raya diciptakan dan diatur oleh Allah SWT berdasar asas keseimbangan.

“Demikian juga lautan, matahari, dan lainnya semua ditundukkan untuk kepentingan manusia. Manusia sebagai pemegang amanah mengelola alam semesta, termasuk di dalamnya bumi dan seisinya. Sebagai konsekuensinya alam harus dikelola dengan baik dan bermanfaat bagi manusia dengan prinsip keseimbangan, jangan sebaliknya justru malah membuat kerusakan bagi manusia” pungkasnya.

Sementara Rifa Anggyana Pembina IRMA yang juga sebagai Sekretaris Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kota Bandung mengungkapkan alhamdulillah Pengajian Bulanan IRMA istiqomah setiap bulannya.

“Semua yang menjadi petugas merupakan anggota IRMA dari SMP/MTs, SMA/SMK/MA Se-Kota Bandung, dengan tujuan menjadikan generasi remaja masjid yang cerdas dan berkarakter” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here