Ngaji Kitab Al-Hikam bersama KH. Asep Mukhtar Rifa’i Banjaran : Hikmah ke-13

323

١. كيف يشرق قلب صور الأكوان منطبعة فى مرآته.

Ngaji Kitab Al-Hikam bersama KH. Asep Mukhtar Rifa’i Banjaran : Hikmah ke-13“Bagaimana bisa hati ini bercahaya jika potret dunia terpatri di cermin hati”

Hati ini seperti cermin, dengannya Allah memancarkan cahaya ilmu dan ridho-Nya. Tapi jika cermin itu dipenuhi noda, sampah, dan keinginan dunia, maka pantulan Cahaya itu menjadi tiada’.

٢. أم كيف يرحل إلى الله وهو مكبل يشهواته.

“Bagaimana bisa hati ini berkelana menuju Allah, ia sendiri terbelenggu keinginan nafsu? ”

Iklan Layanan Masyarakat

Keinginan duniawi yang tak terhitung itu justeru semakin menguatkan, mengokohkan dan mengunci gerak dan langkah hati menuju Sang Abadi. Itu sebabnya, betapa banyak panggilan dan ajakan ilahi, yg kita sudah tahu, tapi tak kuasa kita untuk memenuhinya.

٣. أم كيف يطمع أن يدخل حضرة الله وهو لم يتطهر من جنابة غفلته.

“Bagaimana bisa hati ini begitu menginginkan bisa masuk ke altar suci Allah, ia sendiri belum bersuci dari hadas besar kelalaiannya? ”

Anehnya, hati yang sudah melakukan banyak hadas dan belum pernah sekalipun mandi besar, seperti tak punya rasa malu, sangat ingin berjumpa Tuhan. Cape dech !

٤. أم كيف يرجو أن يفهم دقائق الأسرار وهو لم يتب من هفواته

“Bagaimana hati berharap untuk bisa memahami rahasia-rahasia terdalam, ia sendiri belum bertobat dari ketersesatannya? ”

Waduh hati ini? Sudah tahu dosa telah membuatnya buta, bukannya cari obat, eh malah ingin tahu rahasia. Ente lihatnya pake apa?

Yaa ilahi, angkatlah tirai yg selama ini menghalangi pandangan Kami kepada Kaagungan-Mu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here