Ngaji Kitab Al-Hikam bersama KH. Asep Mukhtar Rifa’i Banjaran : Hikmah ke-16

437

– كيف يتصور أن يحجبه شيء وهو الذى أظهر كل شيء

Ngaji Kitab Al-Hikam bersama KH. Asep Mukhtar Rifa’i Banjaran : Hikmah ke-16“Bagaimana bisa terlintas dalam pikiran: ada sesuatu yang bisa menghijab Allah? Padahal Allah yang menjadikan segala sesuatu itu jelas. ”

– كيف يتصور أن يحجبه شيء وهو الذى ظهر فى كل شيء.

“Bagaimana bisa terlintas dalam pikiran:ada sesuatu yang bisa menghijab Allah? Padahal Allah yang tampak dalam segala sesuatu. ”

– كيف يتصور أن يحجبه شيء وهو الظاهر لكل شيء.

” Bagaimana bisa terlintas dalam pikiran: ada sesuatu yang menghijab Allah? Padahal Allah yang jelas bagi segala sesuatu. ”

Iklan Layanan Masyarakat

– كيف يتصور أن يحجبه شيء وهو الظاهر قبل وجود كل شيء.

” Bagaimana bisa terlintas dalam pikiran: ada sesuatu yang menghijab Allah? Padahal Allah yang jelas sebelum adanya segala sesuatu. ”

– كيف يتصور أن يحجبه شيء وهو أظهر من كل شيء.

“Bagaimana bisa terlintas dalam pikiran: ada sesuatu yang menghijab Allah? Padahal Allah adalah yang paling jelas dari segala sesuatu. ”

– كيف يتصور أن يحجبه شيء وهو الواحد الذى ليس معه شيء.

“Bagaimana bisa terlintas dalam pikiran: ada sesuatu yang menghijab Allah? Padahal Allah itu esa, tidak ada sesuatu pun bersama-Nya. ”

– كيف يتصور أن يحجبه شيء وهو أقرب إليك من كل شيء.

“Bagaimana bisa terlintas dalam pikiran: ada sesuatu yang menghijab Allah? Padahal Allah adalah yang Lebih dekat padamu dari segala sesuatu. ”

– كيف يتصور أن يحجبه شيء ولولاه لما ظهر وجود كل شيء.

” Bagaimana bisa terlintas dalam pikiran: ada sesuatu yang menghijab Allah? Padahal tanpa Allah wujud segala sesuatu tidak akan tampak. ”

– يا عجبا كيف يظهر الوجود فى العدم أم كيف يثبت الحادث مع من له وصف القدم.

“Betapa aneh, bagaimana ada dalam ketiadaan bisa tampak atau yg baru bisa dipastikan bersama dengan Dzat yang memiliki sifat qadim”

Semua ungkapan itu mematahkan pandangan manusia tentang ketidakterjangkauan Pencipta, tentang kemustahilan mengenal-Nya, dan tentang kebuntuan dan keterbatasn untuk bisa akrab dengan-Nya.

Semua itu mudah bagi-Nya. Karena itu, buang jauh-jauh pikiran dan asumsi yang keliru tentang-Nya.

(12:50/1501/18)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here