Ngaji Kitab Al-Hikam bersama KH. Asep Mukhtar Rifa’i Banjaran : Hikmah ke-19

506

لا تطلب منه أن يخرجك من حالة ليستعملك فيما سواها فلو أرادك لاستعملك من غير اخراج

Ngaji Kitab Al-Hikam bersama KH. Asep Mukhtar Rifa’i Banjaran : Hikmah ke-19”Jangan pernah meminta kepada Allah untuk memindahkanmu dari suatu keadaan supaya memperkerjakanmu dalam keadaan yang lain. Sebab, jika mau, Allah akan mempekerjakanmu tanpa ada sebab.

[Jangan memohon kepada Allah agar memindahkanmu dari satu kondisi kepada kondisi yang lain. Sebab, jika mau, pasti Allah akan melakukannya untukmu tanpa sebab apapun]

Keadaan dan kondisi apapun, baik dan buruknya, yang kita jalani dalam kehidupan, semua itu berada dalam Kehendak-Nya. Jalani dan lalui semua itu dengan husnudzon kepada-Nya.

Keadaan seperti itu, jika ini bisa dibuat contoh, mengingatkan kita kepada ibu-bapak yang memasukkan kita ke pesantren. Semua anak yang mondok pasti tidak bisa menikmati keadaan yang baru: jauh dari kerabat, harus mandiri, ngurus sendiri. Orang tua kita melakukan itu untuk kebaikan kita. Dan tujuan mereka tidak pernah kita ketahui saat mondok. Yang ada adalah tega, tidak sayang anak.

Iklan Layanan Masyarakat

Boleh jadi kita melakukan hal yang sama kepada Allah. Tapi, yakinlah di balik itu semua, Allah tengah melatih kita dengan kondisi sekarang supaya kita menjadi pribadi yang tangguh. So, tak usahlah memohon atau memaksa Allah untuk memindahkan kita kepada keadaan yang lain. Karena untuk sekedar itu, sangatlah mudah bagi Allah tanpa adanya permintaan kita sekalipun atau sebab lainnya. Ingatlah, Allah tidak ingin hamba tersiksa dengan keadaan yang baru. Allah ingin kita memasuki keadaan baru dengan nyaman dan indah.

Syeikh Abdul Qadir pernah berujar: Janganlah menginginkan kesembuhan, saat sakit, boleh jadi sembuhmu itu menjadi sebab kerusakan; jangan meminta kaya, boleh jadi kekayaan itu sebab kehancuran.

Lalu apakah kita jadi tidak boleh berdoa minta sembuh dan kaya? Bukan begitu. Tapi berdoalah dan memohon lah untuk menjadikan keadaan saat ini baik dan lebih baik. Sedangkan obat dan kerja sekedar jalan, sebab, wasilah biar kita rada adem.

Wallahualam.
(8:51 160118)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here