The news is by your side.

Nuswantara Alpha Gelar Simulasi Bencana Gempa Bumi untuk PAUD se-Kab. Sumedang

Nuswantara Alpha Gelar Simulasi Bencana Gempa Bumi untuk PAUD se-Kab. Sumedang | NU Online LTN Nahdlatul Ulama Jawa Barat

Syarif – Ada yang unik dalam gelaran Kemah Adaptasi Bencana Indonesia (IDA Camp) #4 kali ini. Di tengah-tengah giat pelatihan bencana yang mengusung nuansa tenda pengungsian ini, viral sebuah video anak-anak Paud yang melaksanakan simulasi bencana gempa bumi dalam suasana pesta ulang tahun.

Pada video tersebut, anak-anak PAUD yang terlihat baru saja selesai berfoto dengan badut-badut pesta, tiba-tiba berlarian mencari ibu masing-masing, dan langsung melaksanakan prosedur keselamatan pada kejadian gempa bumi, yaitu melindungi kepala dengan benda-benda empuk seperti tas, buku, dan juga benda-benda lainnya.

Video tersebut ternyata berasal dari pelatihan kesiapsiagaan bencana gempa bumi yang diselenggarakan oleh Nuswantara Alpha, sebagai side event dalam giat IDA Camp #4, yang dilaksanakan Rabu s.d Jum’at (24-26/1/24), di Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyah Sumedang.

Pada giat tersebut, nampak juga 3 orang Polwan dari satuan Polres Kab. Sumedang, turut hadir mendampingi anak-anak PAUD dan orang tua masing-masing, melatih kesiapsiagaan bencana sejak dini.

“Kami memohon do’a dari para orang tua dan juga kiai yang ada di kegiatan IDA Camp #4 ini, semoga kami generasi Nuswantara Alpha, mampu senantiasa melatih diri kami untuk mempersiapkan pemimpin-pemimpin penerus Indonesia kedepannya.” Tutur Khansa Khadijah, anggota Nuswantara Alpha yang baru berusia 13 tahun, yang juga merupakan penggagas dari pelatihan kesiapsiagaan bencana untuk Paud kali ini.

Khansa menerangkan, bahwa Nuswantara Alpha merupakan kumpulan anak-anak generasi alpha, yang lahir setelah tahun 2010an, yang tergerak untuk belajar menjadi generasi muda Indonesia yang bermanfaat untuk masyarakat di sekitarnya.

“Kami sudah terbiasa mengikuti kegiatan-kegiatan positif Nuswantara Muda sejak masih kecil, sehingga hari ini, kami juga ingin mulai berpartisipasi mengadakan acara kecil (mini events) di gelaran-gelaran kegiatan Nuswantara Muda.” Lanjut Khansa.

“Giat berikutnya bisa jadi adalah Fashion Show untuk anak-anak PAUD se-Kab. Bandung di giat Festival Sarung Majalaya 3rd, yang rencananya akan diselenggarakan sebelum bulan puasa ini.” Tutup Khansa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.