PAC GP Ansor Ziarahi Makam Para Wali dan Pendiri Tangerang

74
PAC GP Ansor Ziarahi Makam Para Wali dan Pendiri Tangerang

Selasa 22 Des 2020 . Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Kec.Tangerang melaksanakan kegiatan ziarah Waliyulloh dan para pendiri Tangerang yg terletak di area pemakaman Masjid Jami Kali Pasir. Masjid Jami Kali Pasir sendiri diketahui sebagai Masjid Tertua di Kota Tangerang, terletak di sebelah timur bantaran Sungai Cisadane, tepatnya di tengah pemukiman warga Tionghoa, bangunannya pun bercorak China.

“Di area pemakaman Masjid Jami Kali Pasir ini terdapat makam tokoh-tokoh sejarah baik para penyebar Islam di Banten serta para pendiri kota Tangerang saat itu. Seperti makam Hj. Murtafiah yg tak lain merupakan sepupu dari Syaikh Nawawi Al Bantani dan makam Bupati Tangerang Raden Ahyat Pena serta terdapat 11 makam tertua”, dijelaskan Ustadz Amantubillah salah seorang anggota PAC Ansor Tangerang yg menjadi pembimbing ziarah.

Jajat Sudrajat, Ketua PAC GP Ansor kec.Tangerang menerangkan bahwa yg menarik dari Masjid Jami Kali Pasir ini adalah, “Bahwa Masjid Jami Kali Pasir selain sebagai pusat penyebaran agama Islam di kota Tangerang pada masa itu, Masjid ini juga menjadi saksi sejarah kerukunan dari etnis Tionghoa dan umat Islam yg hidup berdampingan. Selain bahwa Masjid ini terletak di tengah pemukiman warga etnis Tionghoa, selama berabad-abad Masjid Jami Kali Pasir yg notabenenya berdekatan dgn salah satu Klenteng tertua di Kota Tangerang yakni Boen Tek Bio tak pernah memiliki singgungan. Bukti dari sikap toleransi, tenggang rasa dan kerukunan umat beragama yg terpelihara dari masa ke masa”.

Iklan Layanan Masyarakat

Ustadz Fadlil, Ketua Majlis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor kec.Tangerang menerangkan bahwasanya “Kegiatan ziarah ini merupakan program rutin dari Majlis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor kec.Tangerang yg dilaksanakan setiap Selasa malam Rabu. Minggu pertama sampai ketiga berisi kajian-kajian kitab kuning, dan Minggu terakhir kami biasanya berziarah ke Makam-makam Waliyulloh khususnya di Kota Tangerang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here