19.3 C
Bandung
Friday, May 27, 2022

Sebuah perkumpulan yang tak memiliki media, sama dengan perkumpulan buta tuli - KH Abdul Wahab Chasbullah

Must read

Wahyu Iryana
Penulis adalah dosen UIN Bandung dan aktif di Lembaga Ta'lif Wan Nasyr Nahdlatul Ulama Jawa Barat.

Panen Padi dan Sembako Gratis

Oleh:Wahyu Iryana – Adanya panen raya dan bagi bagi sembako adalah bandul yang saling terkait. Para pesohor negeri sibuk membagi bagikan sembako gratis kepada warga karena adanya virus corona, di sisi lain harga gabah di pasaran semakin murah. Pertanyaanya sembako yang di bagi bagi oleh pemerintah apakah sejatinya murni diambil dari panen petani lokal ataukah memakai beras hasil impor? Pemprov pemda dan bulog harus clear tentang ini. Karena menyangkut jatidiri kaum tani.
Potensi terjadinya krisis pangan dunia yang disampaikan oleh Food and Agriculture Organization (FAO) beberapa kali telah disinggung oleh Pemerintah.Memasuki musim kemarau nanti, Presiden meminta seluruh jajaran untuk betul-betul menghitung dampak musim kering terhadap ketersediaan bahan pokok.

Ini menjadi modal petani untuk menstabilkan harga padi.

“Berdasarkan prediksi dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika), 30 persen wilayah-wilayah yang masuk zona musim ke depan akan mengalami kemarau yang lebih kering dari biasanya. Oleh sebab itu, antisipasi, mitigasi, harus betul-betul disiapkan sehingga ketersediaan dan stabilitas harga bahan pangan terganggu.

Terkait hal tersebut, idealnya Pemprov Jabar menekankan sejumlah hal yaitu pertama, ketersediaan air di daerah-daerah pertanian merupakan kunci.

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article