The news is by your side.

PC NU Kota Bandung Gelar Bahtsul Masail Terkait Berbagai Persoalan

PC NU Kota Bandung Gelar Bahtsul Masail Terkait Berbagai Persoalan | NU Online Jawa Barat

BANDUNG, PRIANGANPOS.COM – Dalam rangka mendukung dan menindaklanjuti undangan dari Lembaga Bahtsul Masail (LBM) Pengurus Wilayah Nahdhatul Ulama (PWNU) Jawa Barat, PC NU Kota Bandung menggelar Bahtsul Masail di Aula Gedung PC. NU Jalan Sancang No. 8 Kota Bandung, Jumat (16/9/2022).

Acara dihadiri Pengurus Pimpinan Cabang NU Kota Bandung, diantarnya Rois Syuriah KH Maftuh Kholil dan Katib KH Asep Djamaludin, juga sesepuh, ulama, serta para peserta pewakilan Pondok Pesantren di Kota Bandung.

Dalam sambutannya, KH Maftuh menekankan pentingnya semangat ilmiah sebagai pijakan dalam bermubahasah. Dengan dasar Al-Quran, Hadis dan Qoul Ulama yang rujukannya jelas.

“Warga Nahdiyin dalam pembahasan tetap harus berpegang kepada dalil yang kuat, yakni Al-Quran, Hadis, dan Qoul Ulama dengan referensi yang jelas dan ilmiah, kitab apa, halaman berapa,” ujarnya.

Bahtsul Masail kali ini menyajikan tiga materi bahasan, yaitu: Eks anggota ormas terlarang, keturunannya dan eks koruptor dalam kontestasi pemilu dan lembaga pemerintah, kemudian masalah dana masjid untuk kebutuhan sosial, dan masalah warisan karya ilmiah.

Beberapa masukan dan komentar dari ulama seperti KH. Mansur Al-Hafizh dan KH Ahmad Haedar dari Pondok Pesantren Daarut Taubah menjadi catatan Ketua LBM PC NU Kota Bandung.

Kepada Priangan Pos, Katib Syuriah PC NU Kota Bandung, KH Asep Djamaludin mengatakan bahwa acara ini sebagai persiapan untuk kegiatan Bahtsul Masail tingkat Pengurus Wilayah. Nantinya, PC Kota Bandung akan mengirimkan beberapa utusan.

KH Asep menambahkan, PC NU Kota Bandung sebenarnya sudah memiliki kegiatan rutin yakni Pengajian Sabtuan.

“Kegiatan rutin ini membahas kitab kuning, seperti Ihya Ulumudin, Riyadus Shalihin, Kifayatul Atqiya, Muhtarul Ahadis, Tafsir jalalain dan lan-lain,” pungkasnya. ***

Penulis/Pewarta: Muhamad Basuki
Editor: Ibnu
©2022 PRIANGANPOS.COM

Source Priangan Pos
Leave A Reply

Your email address will not be published.