Pemandangan Jamaah Shalat Isya di Lombok dan Bali saat Terjadi Gempa

27
Pemandangan Jamaah Shalat Isya di Lombok dan Bali saat Terjadi Gempa

Jakarta, NU Online
Gempa bumi berkekuatan 7 Skala Richter yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat menyisakan tragedi. Kabar baru korban tewas mencapai 89 orang. Selain di Lombok Utara, gempa juga memporak-porandakan bangunan di Mataram dan Lombok Timur bahkan juga mengguncang Bali.

Saat terjadi gempa, umat Islam di Lombok sedang menunaikan shalat Isya. Di beberapa tempat ibadah, baik mushalla maupun masjid, kekhusyuan jamaah shalat isya seketika buyar saat guncangan gempa menggoyang bangunan.

Beberapa video yang terekam CCTV masjid dan musholla seketika viral di media sosial saat diposting beberap warganet. Musibah ini juga trending di twitter dengan hastag #PrayForNTB.

Iklan Layanan Masyarakat

Jamaah shalat berhamburan keluar masjid khawatir tertimpa reruntuhan bangunan. Namun, di saat sebagian makmum berhamburan keluar menyelamatkan diri, terlihat imam shalat di Musholla As-Syuhada di Bali tetap meneruskan bacaan shalatnya. Nampak beberapa makmum juga teguh dalam shalatnya.
Lihat videonya di SINI

Begitu juga dengan video jamaah shalat isya di sebuah masjid di Lombok. Jamaah yang terdiri dari lima shaf setengah ditambah jamaah perempuan seketika lari tunggang langgang saat gempa menggoyang bangunan masjid.
Tetapi, imam shalat dan sejumlah jamaah berusaha sekuat tenaga tetap berdiri menjalankan shalat isya.
Lihat videonya di SINI

Berbeda dengan jamaah shalat sebelumnya, jamaah shalat isya di sebuah masjid ini seluruhnya berhamburan keluar termasuk imam shalat.
Jamaah shalat isya di masjid tersebut hanya terdiri dari satu shaf. Sesaat setelah mereka lari keluar masjid, beberapa plafon berjatuhan tepat menimpa karpet shaf pertama.
Lihat videonya di SINI
(Fathoni)

Sumber : NU Online

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here