The news is by your side.

Pemberian Anugerah Al-Azhar Mesir untuk TGB adalah Kado Terindah bagi TGB dan Indonesia

Pemberian Anugerah Al-Azhar Mesir untuk TGB adalah Kado Terindah bagi TGB dan Indonesia | NU Online LTN Nahdlatul Ulama Jawa Barat

KH. Imam Jazuli, Lc. MA. – Hubungan erat ulama Nusantara dengan jaringan Timur Tengah sudah menjadi semacam sunnah. Setidaknya, uluma-ulama Nusantara jebolan Universitas al-Azhar, Mesir, sudah banyak berjasa membentuk identitas Islam Nusantara. KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), KH. Musthafa Bisri (Gus Mus), dan M. Quraish Shihab adalah sekelumit contohnya.

Jejak-jejak tokoh pentolan al-Azhar dari Nusantara tersebut dalam memperjuangkan Islam moderat sangat terang benderang. Misalnya, tahun 2017 dalam Konferensi Multaqa Nasional IV Alumni Al-Azhar, Lombok, M. Quraish Shihab mengatakan, “kewarganegaraan tanpa membedakan suku, agama, keyakinan adalah salah satu prinsip ajaran Islam dan bukan hasil dari impor.”

Islam moderat, bagi Quraish Shihab, tidak hanya terlihat pada produk pemikiran melainkan juga tampak dalam perilaku keseharian. Pemikiran dan perilaku moderat ini menjadi prinsip utama dalam memahami teks-teks suci agama. Karenanya, dalam konteks warga negara, umat muslim dan non-muslim mempunyai hak dan kewajiban yang sama.

Leave A Reply

Your email address will not be published.