Pergunu Depok bersama Wakil Katib Suriyah PCNU Kaji Kitab Nashoihul Ibad

40
Pergunu Depok bersama Wakil Katib Suriyah PCNU Kaji Kitab Nashoihul Ibad

Depok, (10/2/2020)-Masjid Al Islah yang terletak di Jl Kemang Raya, Cikumpa Kota Depok menggelar kajian kitab kuning.

Pengajian ini rutin dilaksanakan setiap seminggu dua kali pertemuan, yaitu malam senin dan malam selasa, dimulai setelah pelaksanaan shalat Maghrib hingga Isya.

Pengajian rutin ini membahas kitab Nashoihul Ibad, kita yang di karang oleh Syekh Nawawi Al Bantani, Ulama Nusantara kelahiran Tanara Banten 1813 dan yang wafat dan di kebumikan di Makkah pada tahun 1897.

Iklan Layanan Masyarakat

Pengajian ini disampaikan oleh Ust. Maulana Hasanudin beliau merupakan Wakil Katib Syuriah PCNU Kota Depok, dan juga dipandu oleh Ust. Acep Pudoli, ketua PERGUNU Kota Depok yang juga merupakan Pengurus DKM di Masjid Al Ishlah.

Pada Kesempatan tersebut dibahas masalah hakikat Nafsu, yang di golongkan menjadi tiga kategori, Nafsu Amarah, Lawwamah dan Muthmainnah.

Ulasan Kitab Nashoihul Ibad, pada pembahasan maqolah ke 14 yaitu tentang kadar Ma’rifat hamba baik terhadap Allah maupun dirinya sendiri.

Yang pertama dapat diukur dengan totalitas seorang hamba bergantung kepada Allah, dan yang kedua bagaimana seorang hamba dapat mengendalikan nafsunya.

Apabila seorang hamba memandang ada penolong yang lebih utama daripada Allah, maka semakin rendah kadar ma’rifatnya kepada Allah, dan Apabila seorang hamba memandang ada lawan atau musuh yg lebih berbahaya daripada dirinya sendiri maka semakin rendah kadar pengetahuannya atas dirinya.

Pengajian ini di hadiri oleh warga sekitar Masjid, dalam suasana interaktif, tanya jawab dari para Jama’ah yang dipandu dan diarahkan oleh DKM Masjid Al Ikhlas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here