PERGUNU : Nadiem Butuh WAMENDIKBUD untuk Pertajam Visi Budaya dan Kearifan Lokal

32

Pimpinan Pusat Persatuan Guru Nahdlatul Ulama mengapresiasi visi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Makarim yang dilangsir media tempo.co (06/11), dengan tajuk Nadiem Makarim Paparkan 5 Visi Bidang Pendidikan. Lima visi tersebut, diantaranya tentang pendidikan karakter, pemberdayaan tekhnologi, peningkatan inovasi dan investasi, penciptaan lapangan kerja, dan deregulasi dan debirokratisasi. Namun masih perlu dipertajam pada aspek wawasan kewilayahan, budaya, dan kearifan lokal.

Hal ini sebagaimana tanggapan yang disampaikan oleh Ketua Pimpinan Pusat Persatuan Guru Nahdlatul Ulama, Aris Adi Leksono disela Fokus Grup Discussion (FGD) tentang Problematikan Pendidikan, yang diadakan oleh PC Pergunu Jakarta Pusat, di SDN 01 Benhil, Jakarta, Rabu, (06/11).

“Kami, Pimpinan Pusat Persatuan Guru Nahdlatul Ulama mengapresiasi visi Nadiem sebagai leader pendidikan di Indonesia, yang orientasinya lebih banyak menjawab tantangan revolusi industri 4.0. Namun perlu difahami dunia pendidikan kita juga harus memperhatikan kondisi dan potensi kewilayahan Indonesia, melihat Indonesia tidak cukup dengan barometer masyarakat kota, kondisi kemapanan, fasilitas ke-negeri-an, tapi juga melihat daerah-daerah terluar, terpencil, tertinggal, dan lainnya. Pendidikan pendidikan juga tidak lepas dari pengembangan budaya dan kearifan lokal Indonesia yang beragam, yang sesungguhnya, jika dikelolah dengan baik akan menjadi potensi yang luar biasa”, terang Aris.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here