Pesantren Universal Cipadung Cibiru Kota Bandung Upaya Membangun Destinasi Wisata Religi

203

Oleh: Lora Wayanillah

Bandung – Pondok Pesantren Universal Cipadung Cibiru Bandung merupakan Pesantren mahasiswa yang didirikan oleh Dr. KH. Tatang Astarudin. Berdasarkan Akte Notaris no.08-09-2010. SK. Menkumham RI Nomor AHU-4556.AH.01.04.2010. Sedangkan nomor statistik Pondok Pesantren 5100.32.73.014. Jadi secara legalitas pesantren Universal adalah Pesantren resmi memiliki kesadaran berbangsa yang tinggi, dan tunduk patuh pada aturan pemerintah Republik Indonesia.

Sesuai visinya menjadi centre for excellence dalam pengkajian dan pengamalan nilai-nilai keislaman inklusif-transformatif-emansipatoris yang berorientasi mewujudkan kemashlahatan universal. Konsep yang sangat brilian sebagai bagaian integral menggembleng seluruh santri yang datang dari penjuru negeri sebut saja dari daerah se Jawa Barat, bahkan ada yg di luar pulau Jawa seperti dari Riau, Palembang, dan Kalimantan bahkan ada yang dari Turki dan Patani (Thailand Selatan).

Dengan komitmen memajukan pendidikan agama Pesantren Universal juga masuk dalam Komunitas Pesantren For Peace CRCS Jakarta, Yang bekerjasama dengan KAS Jerman berusaha menjaga semangat perdamaian dan memperkenalkan lebih luas Pesantren sebagai pendidikan keagamaan yang selalu berperan aktif dalam perdamaian. Pesantren Universal juga menghadirkan para asatidz yang ahli dalam bidangnya baik Qurdis, kitab kuning maupun kebahasaan. Tak jarang mahasiswa asing pun sering singgah untuk melakukan Studi maupun penelitian di Pesantren Universal.

Jangka panjang penulis meyakini bahwa Pesantren universal akan menjadi jugjugan destinasi wisata religi. Selain digawangi oleh seorang kiai intelek yang mempunyai jaringan luas juga di beck-up oleh para tokoh masyarakat setempat yang peduli dengan semarak dakwah Islam di Kota Bandung. Setidaknya apabila ditilik dari awal dibentuknya pesantren Universal hingga progres hasilan alumni dan kerja kerja nyata di semua lini grafik kurvanya selalu menaik ke atas.

Bisa jadi ini adalah keberkahan dari Allah SWT. Nama Pesantren Universal sendiri terinspirasi dari Munas PBNU di Cipasung, yang salah satu hasilan dari munas tersebut adalah mewujudkan Islam yang Rahmatan lil alamin secara Universal. Dari hal tersebut di atas kiranya layak Pesantren Universal dijadikan tempat destinasi religi untuk shering ide, wawasan dan pluralisme serta nilai nilai keIslaman.

Ditunjang juga dengan para santri yang kreatif dan kemandirian berorganisasi yang masif membuat pesantren universal semakin mewangi namanya. Tanpa membanggakan dan menafikan kebesaran Pesantren Pesantren lain di Jawa Barat dan Kota Bandung, setidaknya Pesantren Universal layak dijadikan kompas para orang tua yang menginginkan anaknya sekolah ataupun berkuliah sembari mesantren, maupun hanya sekedar untuk dikunjungi dalam rangka tolabil ilmi atau sekedar Studi Banding antar Pesantren untuk memperkuat Ukhuwah keislaman, solidaritas dan silaturahim. Wallahualam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here